Breaking News:

Virus Corona

Pasien Isoman Omicron di Jabodetabek Bisa Dapat Paket Obat dan Telekonsultasi Gratis, Simak Caranya

Pasien positif Virus Corona varian Omicron yang melakukan isolasi mandiri (isoman) bisa mendapatkan layanan telekonsultasi gratis.

Editor: Lailatun Niqmah
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron. Pasien positif Virus Corona varian Omicron yang melakukan isolasi mandiri (isoman) bisa mendapatkan layanan telekonsultasi gratis. 

TRIBUNWOW.COM - Pasien positif Virus Corona varian Omicron yang melakukan isolasi mandiri (isoman) bisa mendapatkan layanan telekonsultasi gratis via platform telemedicine.

Selain telekonsultasi gratis, pasien Omicron yang menjalani isolasi mandiri juga bisa mendapatkan paket obat gratis.

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengatakan, pasien Omicron yang isolasi mandiri bisa mengakses laman https://isoman.kemkes.go.id/  untuk menggunakan layanan.

Baca juga: Kasus Pertama di Indonesia, 2 Pasien Virus Corona Omicron Meninggal Dunia, 1 dari Transmisi Lokal

"Perlu diingat layanan ini hanya untuk pasien yang melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan," tulis keterangan Kemenkes yang diterima, Senin (24/1/2022).

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara Daring dengan dokter di satu dari 17 layanan telemedicine.

Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

Saat ini, Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, yaitu:

- Aido Health

- Alodokter

- GetWell

- Good Doctor

- Halodoc

- Homecare24

- KlikDokter

- KlinikGo

- Lekasehat

- LinkSehat

- Mdoc

- Milvik Dokter

- ProSehat

- SehatQ

- Trustmedis

- Vascular Indonesia

- YesDok

Mulai dari
Obat GratisObat Gratis
Halaman
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved