Breaking News:

Terkini Nasional

Sosok Pembunuh Jenderal TNI dalam Tragedi G30S/PKI, Terekam dalam Dokumenter Langka

Peristiwa Gerakan 30 September tahun 1965 menyisakan duka bagi keluarga dari tokoh-tokoh TNI yang tewas dibantai dalam momen tersebut.

twitter@Aiek_Channel
Orang-orang yang ditangkap atas tudingan terlibat dalam pemberontakan G30S/PKI, ex Kapten Suradi (kiri) dan Subandrio (kanan). 

TRIBUNWOW.COM - Peristiwa Gerakan 30 September tahun 1965 menyisakan duka bagi keluarga dari tokoh-tokoh TNI yang tewas dibantai dalam momen tersebut.

Total ada tujuh jenderal TNI yang tewas dalam tragedi yang dikenal dengan nama G30S/PKI.

Pada tanggal 30 September malam, sejumlah prajurit Tjakrabirawa melakukan aksi penculikan terhadap enam jenderal dan satu orang kapten.

Dikutip dari bbc.com, 30 September 2017, kala itu prajurit Tjakrabirawa berada di bawah pimpinan Letkol Untung.

Cuitan akun twitter@Aiek_Channel, Minggu (27/9/2020), tentang video dokumenter G30S/PKI garapan NBC.
Cuitan akun twitter@Aiek_Channel, Minggu (27/9/2020), tentang video dokumenter G30S/PKI garapan NBC. (twitter@Aiek_Channel)

Baca juga: Bunuh Ayah, Remaja Ini Ikut Tewas seusai Terjun ke Sungai meski Tak Bisa Renang, Ini Kronologinya

Sedangkan para Jenderal TNI yang menjadi korban tragedi G30S/PKI di antaranya adalah Komandan TNI AD, Jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal Suprapto, Letnan Jenderal MT Haryono, Letnan Jenderal S Parman, Mayor Jenderal DI Pandjaitan, Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, dan Kapten Pierre Tendean.

Jenazah para petinggi TNI itu kemudian ditemukan di sebuah sumur di Lubang Buaya, Jakarta.

Saat kejadian terjadi, Panglima TNI Jenderal AH Nasution berhasil lolos dari aksi penculikan prajurit Tjakrabirawa.

Melihat aksi penculikan para jenderal tersebut, Panglima Kostrad Mayjen Soeharto langsung mengambil langkah dan menyatakan bahwa orang-orang dari Partai Komunis Indonesia (PKI) bertanggung jawab atas penculikan dan pembunuhan para jenderal.

Perburuan para simpatisan dan tokoh-tokoh PKI di seluruh Indonesia kemudian dimulai.

Sosok Pelaku G30S/PKI

Pada sebuah film dokumenter yang dirilis oleh sebuah stasiun televisi asal Amerika Serikat, ditampilkan sejumlah tokoh-tokoh PKI yang bertanggung jawab atas tragedi pemberontakan tersebut.

Lewat film dokumenter garapan National Broadcasting Company (NBC) itu nampak Subandrio dituduh melakukan pengkhianatan dan konspirasi.

Video tersebut diunggah oleh akun twitter @Aiek_Channel, Minggu (27/9/2020).

Subandrio sendiri merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia di bawah pimpinan Presiden Soekarno saat itu.

Ia dituding membantu jutaan anggota PKI untuk melakukan pemberontakan termasuk membunuh sejumlah petinggi militer Indonesia.

Subandrio juga disebut menjadi tokoh yang menghubungkan Peking (Tiongkok) dengan Indonesia, serta melakukan pencurian dana dari Amerika Serikat.

Pada video tersebut, nampak Subandrio membantah semua tuduhan yang disangkakan kepadanya.

Selain Subandrio, dokumenter tersebut juga menampilkan ex Kapten Suradi Prawiromihardjo yang dituding ikut merencanakan kudeta bersama PKI.

Lalu ditampilkan juga Kolonel Latief yang merupakan tahanan politik peristiwa G30S/PKI.

Selanjutnya, disorot juga wajah seseorang yang disebutkan dalam video tersebut sebagai pelaku pembunuhan Jenderal S. Parman, dan pelaku penembakan Jenderal Ahmad Yani. (TribunWow.com/Anung)

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved