Breaking News:

Terkini Internasional

Detik-detik Menteri Darurat Rusia Tewas di Kutub Utara saat Coba Selamatkan Seorang Sutradara Film

Menteri Darurat Rusia, Yevgeny Zinichev tewas dalam kecelakaan di Kutub Utara karena menyelamatkan seorang sutradara film yang jatuh ke air.

YouTube/Oneindia News
Menteri Darurat Rusia, Yevgeny Nikolayevich Zinichev. Yevgeny Zinichev tewas dalam kecelakaan selama setelah berusaha menyelawatkan nyawa orang lain di Kutub Utara pada Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Darurat Rusia, Yevgeny Zinichev tewas dalam kecelakaan selama latihan besar pertahanan sipil dan militer di Kutub Utara pada Rabu (8/9/2021).

Dilansir dari The Moscow Times, Kementerian Darurat Rusia menyatakan Zinichev meninggal pada usia 55 tahun setelah berusaha menyelawatkan nyawa orang lain.

Zinichev dilaporkan mencoba menyelamatkan sutradara terkemuka, Alexander Melnik yang berada di sana untuk mencari lokasi film dokumenter baru tentang pengembangan Kutub Utara.

Menteri Darurat Rusia, Yevgeny Zinichev.
Menteri Darurat Rusia, Yevgeny Zinichev. (YouTube/Oneindia News)

Baca juga: Turki Tegaskan pada Rusia bahwa Israel Harus Diberi Pelajaran, Ini Pesan Erdogan pada Vladimir Putin

Baca juga: Joe Biden Jadi Presiden Terpilih Amerika Serikat, Vladimir Putin Belum Berikan Ucapan Selamat

“Kami menyesal memberi tahu bahwa Zinichev meninggal secara tragis saat melakukan tugas resmi selama latihan antardepartemen untuk melindungi Kutub Utara dari keadaan darurat di Norilsk, menyelamatkan nyawa seseorang,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kantor berita negara, Interfax dan TASS melaporkan bahwa Melnik juga tewas dalam insiden itu, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya di kementerian.

“Tanpa ragu sedikit pun, dia bertindak bukan sebagai menteri tetapi sebagai penyelamat,” kata Deputi Menteri Darurat, Andrei Gurovich tentang Zinichev pada siaran berita negara. 

“Dia melakukan tindakan heroik, dia seperti itu sepanjang hidupnya,” tambahnya.

Margarita Simonyan, pemimpin redaksi penyiar berita Rusia RT yang didanai negara, mengatakan bahwa Zinichev meninggal saat menyelamatkan seorang juru kamera yang terpeleset dan jatuh ke air.

“Zinichev dan juru kamera berada di tepi tebing. Juru kamera terpeleset dan jatuh ke air,” katanya, dikutip dari BBC pada Rabu (8/9/2021).

 “Zinichev bergegas melompat ke air setelah orang itu jatuh dan meninggal setelah menabrak batu-batu yang menonjol,” tambahnya.

Juru kamera itu kemudian diketahui sebagai sutradara film, Alexander Melnik yang juga dikenal sebagai penulis skenario.

Melnik merencanakan sebuah film dokumenter tentang pengembangan Kutub Utara dan Rute Laut Utara Rusia.

Baca juga: Putin Belum Ucapkan Selamat ke Joe Biden atas Hasil Pilpres AS: Pemenang Harus Diakui Pihak Lawan

Baca juga: Kim Jong Un, Putin, hingga Erdogan Belum Ucap Selamat ke Joe Biden atas Hasil Pilpres AS, Mengapa?

Sementara Zinichev telah menjadi Menteri Darurat sejak 2018 setelah terpilihnya kembali Presiden Vladimir Putin.

Zinichev juga pernah menjadi anggota Dewan Sekuritas dan menjadi bagian dari detail keamanan pribadi Putin sejak 2006 hingga 2015.

Dia memulai karirnya sebagai perwira Komite Keamanan Negara (KGB) pada akhir 1980-an dan terus melayani di Layanan Keamanan Federal (FSB) pada periode pasca-Soviet.

Sebuah pernyataan Kremlin mengungkapkan bahwa Putin telah bekerja sama selama bertahun-tahun dengan Zinichev dan Putin menyatakan belasungkawa yang mendalam atas kematiannya.

Latihan skala besar dua hari diselenggarakan oleh departemen Zinichev di beberapa wilayah di Kutub Utara Rusia sejak Selasa lalu.

Mereka dilaporkan diperintahkan oleh Presiden Putin untuk mencegah situasi krisis di Kutub Utara dan melibatkan 6 ribu orang.

Sebelumnya, Zinichev mengunjungi tim pencarian dan penyelamatan serta lokasi stasiun pemadam kebakaran baru di Norilsk.

Sebagai Kepala Kementerian Darurat, Zinichev menangani bencana alam maupun buatan manusia di seluruh Rusia. (TribunWow.com/Alma Dyani P)

Berita terkait Rusia lain

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved