Breaking News:

Lawan Covid19

Bahas Liga 1 hingga Persiapan Olimpiade 2024, Menpora Zainuddin Amali: Kita akan Siapkan Ini

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membahas perkembangan terbaru soal Liga Indonesia, Piala Dunia U-20 hingga Olimpiade 2024.

KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELI
Menpora Zainudin Amali. Zainudin Amali membahas perkembangan terbaru soal Liga Indonesia, Piala Dunia U-20 hingga Olimpiade 2024. 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membahas perkembangan terbaru soal Liga Indonesia, Piala Dunia U-20 hingga Olimpiade 2024.

Hal itu disampaikan Zainudin Amali dalam diskusi yang diadakan FMB9, Rabu (11/8/2021).

Pertama-tama, Zainudin Amali menyinggung soal kompetisi sepakbola Liga 1 yang hampir satu tahun setengah tak bergulir.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Namun, diketahui kasta tertinggi sepakbola Indonesia itu dipastikan akan bergulir pada 27 Agustus mendatang.

Zainudin Amali membeberkan dua alasan kompetisi Liga 1 harus segera bergulir.

Salah satunya terkait persiapan Timnas Indonesia yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

“Kita kan jadi tuan rumah piala dunia U-20 yang sebelumnya harusnya tahun 2021 tapi diundur ke 2021. Untuk itu kita harus ada tim yang minimal babak awal bisa lanjut. Oleh karena itu kita butuh pembentukan timnas, sedangkan timnas ini dihasilkan dari kompetisi yang ada,” kata Amali dalam diskusi yang diadakan FMB9, Rabu (11/8/2021).

Baca juga: Amunisi Hampir Lengkap, Persib Bandung Siap Tempur di Liga 1 2021: Klok dan Rashid Telah Kembali

Alasannya lainnya dikatakan Menpora Amali yakni hadirnya pertandingan Liga 1 bisa jadi hiburan bagi masyarakat Indonesia yang saat ini lebih banyak di rumah saja.

“Kedua, bahwa sepakbola ini menurut survei dari luar Negri ternyata diminati lebih dari 70 persen rakyat Indonesia apalagi di tengah pandemi seperti ini harus ada hiburan, nah kita dorong harus ada kompetisi,” ujarnya.

Menpora meyakini, PSSI dan PT LIB bisa menggelar kompetisi Liga 1 di tengah pandemi Covid-19 dengan aman.

Pasalnya, pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021 lalu, penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan sangat ketat sehingga turnamen yang berjalan selama satu bulan tak menimbulkan kalster di dalamnya.

“Nah, kita akan siapkan ini tapi dengan prokes yang ketat, semua harus sudah divaksin. Waktu piala Menpora pemain sudah divaksin dan semua setiap yang masuk ke Stadion harus diperiksa. Saya saja itu di-swab berkali-kali, dicolok setiap masuk Stadion. Saya, pak Menko, Kapolri juga harus dites. Jadi panitia tidak pandang bulu saat menerapkan prokes,” katanya.

Kemenpora Bakal Tempatkan Cabor Unggulan Dalam Training Center

Guna menghasilkan prestasi olahraga yang lebih baik di tahun-tahun mendatang, Kemenpora kini tengah mematangkan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menpora Zainudin Amali sebelumnya menjelaskan dasar dari hadirnya DBON yakni agar kedepan prestasi olahraga Indonesia diciptakan melalui pembinaan yang terencana atau by design bukan lagi prestasi yang didapatkan secara tak sengaja.

Untuk itu, dalam DBON yang kini tinggal menunggu Perpres, cabang olahraga potensial bakal ditempatkan dalam satu area training center yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR.

“Jadi kami dorong mereka dan dalam DBON ada cabang olahraga unggulan yang kami tempatkan dalam training center sekarang ini akan dibangun, tapi bukan kami yang bangun. Di situ tempatnya lengkap kalau sekarang kan Pelatnas-Pelatnas terpisah, nah di sana ada tempat menginap atlet, pelatih. Kebetulan kami punya tempat di Cibubur, RSON akan kita ubah menjadi pusat sport science,” kata Menpora dalam forum diskusi yang diadakan FMB9, Rabu (11/8/2021).

“Kita ikuti negara-negara yang sudah maju olahraganya di situ ada psikologinya, kemudian atlet yang sekolah kami perhatikan apa kebutuhan mereka sehingga mereka tetap fokus latihan,” lanjutnya.

“Jadi mulai dari fisik, taktik, strategi dan mental itu semua akan kami lengkapi. Intinya itu dibentuk supaya mereka siap secara fisik dan mental,” jelas Amali.

Baca juga: Kehilangan Pemain ke-12 Jadi Tantangan Besar Persib Bandung di Liga 1 2021, Robert: Sulit Diprediksi

Lebih lanjut, Politikus asal Golkar itu sebelumnya juga sempat menjelaskan ke depan Olimpiade bakal jadi sasaran utama prestasi olahraga Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved