Breaking News:

Virus Corona

Masih Mudah Lelah meski Selesai Isoman atau Sembuh dari Covid-19, Ini Suplemen yang Bisa Dicoba

Gejala merasa mudah lelah atau kelelahan telah dilaporkan sebagai gejala yang umum terjadi pasa pasien long Covid-19.

TribunJogja.com
ilustrasi kelelahan. Masih Mudah Lelah meski Selesai Isoman atau Sembuh dari Covid-19, Ini Suplemen yang Bisa Dicoba 

TRIBUNWOW.COM - Gejala merasa mudah lelah atau kelelahan telah dilaporkan sebagai gejala yang umum terjadi pada pasien long Covid-19.

Artinya, pasien Covid-19 masih bisa merasakan kelelahan meski tidak melakukan aktifitas berat setelah selesai menjalani isolasi mandiri atau sembuh beberapa minggu.

Dikutip dari klikdokter pada Rabu (17/2/2021), dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, menyebutkan bahwa kelelahan disebut kronis jika sudah berlangsung terus menerus selama lebih dari enam bulan lamanya.

Baca juga: Selain Saturasi Oksigen, Frekuensi Napas Harus Diperhatikan saat Isolasi Mandiri, Ini Cara Ceknya

Baca juga: Bisa Jadi Gejala Long Covid-19, Ini Tips Mengatasi Rasa Mudah Lelah ketika Isolasi Mandiri

“Penyebab utamanya belum diketahui. Namun, yang paling dicurigai adalah infeksi virus atau stres psikologis yang berat. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, bukan hanya satu,” ucap dr. Astrid.

Kelelahan kronis disebut juga dengan chronic fatigue syndrome (CFS), kondisi ini ditandai dengan kelelahan parah yang tidak membaik meski sudah mendapat waktu istirahat cukup. 

Begitu juga kaitannya dengan Covid-19, hingga kini hubungan gejala tersebut masih menjadi penelitian khusus karena banyaknya orang yang mendapat gejala serupa ketika terpapar Covid-19.

“Ada hipotesa yang mengatakan bahwa mekanismenya berhubungan dengan terganggunya fungsi sensori penciuman yang kemudian mengganggu aliran cairan serebrospinal sehingga terjadi penumpukan racun di sistem saraf pusat,” kata dr. Astrid.

"Penumpukan racun di saraf pusat tersebut dicurigai dapat memengaruhi kondisi tubuh hingga menyebabkan kelelahan kronis."

Kasus kelelahan pada Covid-19 atau karena masalah kesehatan lain juga cukup sulit untuk dibedakan. 

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved