Breaking News:

Terkini Nasional

Syarat Pekerja yang Menerima BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Termasuk Harus Berada di Kabupaten/Kota Ini

Para pekerja yang bergaji di bawah Rp 3,5 juta akan mendapatkan bantuan sosial tunai (BLT) atau bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp1 juta.

Editor: Lailatun Niqmah
hai.grid.id
Ilustrasi Uang. Para pekerja yang bergaji di bawah Rp 3,5 juta akan mendapatkan bantuan sosial tunai (BLT) atau bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp1 juta. 

TRIBUNWOW.COM - Sebentar lagi, para pekerja yang bergaji di bawah Rp 3,5 juta akan mendapatkan bantuan sosial tunai (BLT) atau bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 1 juta.

Meski demikian, tak semua pekerja di Indonesia mendapatkannya.

Ada syarat tertentu dan kriteria wilayah yang pekerjanya bakal menerima BSU tersebut, yakni daerah PPKM level 3 dan 4.

Baca juga: Panduan Mencairkan Bansos Tunai atau BST Rp 600 Ribu di Kantor Pos, Ini Dokumen yang Dibawa

Syarat Penerima

Berdasarkan peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 16 tahun 2021, sektor usaha yang dimaksud adalah sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.

Lantas bagaimana jika upah minimum lebih besar dari Rp 3,5 juta?

Pada pasal 3A ayat (3) dijelaskan, Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000,00 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) maka persyaratan Gaji/Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) huruf c menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Selanjutnya, BSU ini akan diprioritaskan bagi Pekerja/Buruh yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau progam bantuan produktif usaha mikro.

Pekerja yang sesuai dengan persyaratan bakal mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu perbulan selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus.

Bantuan sebesar Rp 1 juta bakal disalurkan langsung ke rekening penerima BSU.

Cair Agustus

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved