Breaking News:

Virus Corona

Selesai Isolasi Mandiri atau Sembuh dari Covid-19? Kenali Teknik Rehabilitasi untuk Pemulihan

Pasien Covid-19 yang telah selesai masa isolasi mandiri atau telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 masih ada kemungkinan memiliki keluhan.

beaumont.org
Ilustrasi olahraga. Selesai Isolasi Mandiri atau Sembuh dari Covid-19? Kenali Teknik Rehabilitasi untuk Pemulihan 

TRIBUNWOW.COM - Pasien Covid-19 yang telah selesai menjalani masa isolasi mandiri atau telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 masih ada kemungkinan memiliki keluhan. 

Untuk itu diperlukan rehabilitasi agar pemulihan pasien Covid-19 bisa maksimal. 

Dokter Anitta Florence Stans Paulus, Sp.KFR dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (PERDOSRI) menjelaskan bahwa Covid-19 merupakan merupakan penyakit sistemik karena bisa memberi dampak pada banyak sistem organ di dalam tubuh. 

Baca juga: Anak Positif Covid-19? Tak Perlu Diberikan Antivirus dan Antibiotik, Berikut Penanganannya

Baca juga: Ahli Forensik Unpad Sebut Sejauh Ini Belum Ditemukan Bukti Penularan Covid-19 dari Jenazah

"Penyintas Covid-19 akan mengalami gejala sisa tergantung pada gejala atau organ apa yang terkena," jelasnya dalam tayangan Youtube Direktorat Yankes Primer Kemenkes. 

Meski dikatakan sembuh, penyintas Covid-19 ada kemungkinan memiliki penurunan kualitas hidup akibat ada organ yang terserang oleh Virus Corona.

Gejala sisa pasca-Covid juga tergantung pada derajat klinis penyakitnya ketika menjalani perawatan atau isolasi, penyakit penyerta, dan komplikasi yang dialaminya. 

"Jika pasien Covid-19 hanya mengalami gejala ringan tanpa pneunomia tentu saja akan berbeda dengan penyintas Covid dengan derajat berat atau kritis," jelasnya. 

Dia menjelaskan bahwa rehabilitasi dimulai dengan pencegahan primer, jadi sebelum terinfeksi Covid-19 pasien diharapkan bisa menjaga daya tahan tubuh yang bagus agar bisa melawan infeksi Covid-19

Kemudian pencegahan sekunder yaitu ketika seseorang telah terpapar Covid-19, bisa dilakukan dengan mengusahakan agar penyakitnya bisa dikendalikan atau tidak mengalami perburukan kesehatan. 

"Pencegahan tersier adalah pasien yang sudah selamat dari Covid-19 kita buat sistem imunnya bagus sehingga bisa mencegah reaktivasi dari peradangan karena virus ini atau mencegah reinfeksi lagi," jelasnya. 

Baca juga: Tidak Bisa Isolasi Mandiri di Rumah? Begini Cara Dapat Fasilitas Isolasi Gratis Pemprov DKI Jakarta

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved