Breaking News:

Viral Medsos

Fakta Viral Warga Dilarang Foto Pakai Kamera DSLR di GBK, Fotografer Senior: Apa Dasar Aturan Ini?

Kisah warga yang ditegur satpam karena memotret kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dengan kamera DSLR viral di media sosial.

Editor: Claudia Noventa
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Stadion GBK Jakarta. 

TRIBUNWOW.COM - Viral di media sosial seorang fotografer senior Arbain Rambey mengeluhkan larangan memotret memakai kamera DSLR, lewat akun Twitter-nya @arbainrambey.

Dalam akunnya, Arbain Rambey mengunggah kisah warga yang ditegur satpam karena memotret kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dengan kamera DSLR.

Mantan fotografer Kompas itu membagikan tangkapan layar mengenai kisah seseorang yang dilarang satpam saat memotret dengan kamera DSLR di kawasan GBK.

Fotografer senior Arbain Rambey keluhkan larangan memotret pakai kamera DSLR di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).
Fotografer senior Arbain Rambey keluhkan larangan memotret pakai kamera DSLR di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). (Twitter @arbainrambey)

Baca juga: Fakta Viral Polisi Tidur Berbentuk Tak Lazim hingga Disebut Cobaan Hidup, Sengaja Dibuat Warga

Baca juga: Viral Reza SMASH Dihujat karena Utang ke Taksi Online, Morgan Tak Percaya: Jangan Judge dari Cerita

Dalam cerita itu, satpam memberi penjelasan bahwa penggunaan kamera DSLR dilarang karena hasil foto dikhawatirkan untuk kepentingan komersial.

Arbain turut mempertanyakan aturan larangan tersebut.

"Motret di kompleks GBK tak boleh pakai DSLR? Apa bedanya dengan pakai mirrorless atau HP premium? Apa dasar aturan ini?" tulis Arbain dalam akun Twitter-nya.

Unggahan Arbain Rambey itu mendapat respons cukup ramai dari warganet.

Pihak Sekretariat Negara selaku pengelola kawasan GBK memberikan penjelasan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono mengatakan, pengambilan foto dan video di kawasan GBK diperbolehkan.

"Hanya penggunaan kamera profesional dan bersifat komersial harus mendapatkan izin," kata Eddy saat dikonfirmasi, Kamis (20/5/2021) malam.

Baca juga: Fakta Viral Penemuan Babi Tertidur di Kasur, Terdengar Suara Ngorok hingga Dianggap Jadi-jadian

Eddy menjelaskan, sifat komersial yang dimaksud meliputi commercial photography, prewedding, advertisement, atau endorsement artis papan atas.

"Namun, untuk endorsement UMKM atau produk lokal yang sedang berkembang boleh saja, karena kita ikut mendukung #BanggaBuatanIndonesia dan TKDN," ucap Eddy.

Eddy menilai, satpam di kawasan GBK yang menegur pengguna DSLR dalam cerita itu telah salah dalam memberikan penyampaian.

"Kesalahpahaman terkait penjelasan satpam di lapangan akan menjadi masukan bagi kami untuk memperbaiki pelayanan ke publik," ucap Eddy.

(*)

Berita terkait Terkini Daerah lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kisah Viral Warga Dilarang Foto Pakai Kamera DSLR di GBK, Ini Penjelasan Pengelola

Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved