Breaking News:

Terkini Daerah

145 Warga NTT Keracunan Massal Alami Muntah-muntah hingga Diare, 1 Bocah Meninggal Dunia

Ratusan warga mengalami gejala keracunan seusai menyantap hidangan yang disajikan oleh warga yang mengadakan acara kenduri.

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Tampak para korban saat dirawat di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sat dirawat di Puskesmas Mano, Rabu (4/5/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Total 145 warga mengalami keracunan massal akibat makanan yang dikonsumsi saat menghadiri acara kenduri.

Kejadian itu diketahui terjadi di Kelurahan Nggalak Leleng, Kecamatan Ponco Ranaka, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (30/4/2021).

Hingga Selasa (4/5/2021), telah jatuh 1 korban jiwa seorang bocah berusia 13 tahun dan sebanyak ratusan orang masih dirawat di fasilitas kesehatan setempat.

Para korban keracunan massal di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat mendapatkan perawatan.
Para korban keracunan massal di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat mendapatkan perawatan. (POS KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Baca juga: Keliru Masak Kangkung Pakai Oli, Korban Keracunan Akui Buru-buru Mau Buka Puasa: Pas Dimakan Biasa

Dikutip TribunWow.com dari POS-KUPANG.com, gejala klinis yang dialami oleh para korban keracunan beragam, mulai dari pusing, muntah-muntah hingga diare.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian Prokopim Setda Manggarai Timur, Jefrin Haryanto, Sabtu (1/5/2021) malam.

Pada rilis hari Sabtu itu, dijelaskan bahwa ratusan warga mulai mengalami gejala keracunan setelah menghadiri acara kenduri yang diadakan seorang warga.

Dalam acara itu diketahui ratusan warga yang keracunan sempat menyantap hidangan yang disediakan tuan rumah.

Mulai dari Sabtu dini hari, warga mulai berbodong-bondong mendatangi fasilitas kesehatan terdekat karena mengeluhkan gejala diare hingga muntah-muntah.

Kejadian keracunan ini, kini telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) Keracunan Pangan.

Hal ini Berdasarkan surat Penetapan KLB Keracunan Pangan dengan nomor UM.090/Dinkes/858/V/2021 yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr Surip Tintin.

Halaman
1234
Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Penulis: anung aulia malik
Editor: Mohamad Yoenus
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved