Breaking News:

Terkini Daerah

Detik-detik Kabinda Papua Tewas Ditembak KKB di Beoga, Korban Sempat Terlibat Baku Tembak

Badan Intelijen Negara (BIN) mengonfirmasi tewasnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha Karya.

Istimewa
Kabinda Papua Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha yang gugur ditembak KKB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Badan Intelijen Negara (BIN) mengonfirmasi tewasnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha Karya.

Dilansir TribunWow.com, Danny tewas dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Hal itu dikonfirmasi Juru Bicara BIN Wawan Purwanto.

ILUSTRASI - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali berulah dan kali ini menembak seorang warga sipil, Ramli (32 th) di Kampung Bilorai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (8/2/2021).
ILUSTRASI - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali berulah dan kali ini menembak seorang warga sipil, Ramli (32 th) di Kampung Bilorai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (8/2/2021). (TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI)

Baca juga: Tukang Ojek Tewas Ditembak KKB di Papua, Kogabwilhan: Beginilah Kebiadaban OPM Selalu Meneror

Awalnya kontak senjata terjadi ketika Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri sedang melakukan patroli menuju Desa Dambet, Mingggu (25/4/2021).

Operasi itu bertujuan memulihkan keamanan di sekitar lokasi serta memangkas rantai pergerakan KKB.

“Satgas BIN Bersama dengan Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak dalam rangka observasi lapangan dan pengejaran bersama pasukan TNI-Polri untuk pemulihan keamanan di sekitar SDN Dambet dan Honai Milik Benert Tinal (Kepala Suku Distrik Beoga) yang dibakar pada 17 April 2021 serta untuk memotong Pergerakan kelompok KSB ke Illaga,” kata Wawan Purwanto, dikutip dari Tribunnews.com.

Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri diadang pasukan KKB.

Baku tembak sempat terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

Akibatnya Danny tewas dengan luka tembak di bagian kepala.

“Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen TNI Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan gugur sebagai kusuma bangsa,” ucap Wawan.

Baca juga: Kronologi KKB Papua Tembak Mati Tukang Ojek, Tuduh Korban Mata-mata Kiriman TNI-Polri

Wawan menilai kejadian tersebut menjadi tanda BIN bersikap aktif menjaga stabilitas keamanan di Papua.

Ia menyebut hal ini sesuai perintah Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

“Hal ini menandakan BIN bersikap proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan Papua. Patut diapresiasi Semua ini karena Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan serius dalam penanganan Papua agar tetap menjadi bagian NKRI,” kata Wawan.

Menurut Wawan, Danny adalah sosok yang berprestasi.

"Beliau dikenal memiliki karir cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat," kata Wawan, Senin.

"Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen," tambahnya.

Gugurnya Danny disebut sebagai bentuk nyata pengorbanan BIN demi bangsa dan negara.

Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang sebagai lini terdepan sistem keamanan nasional.

"BIN terus meningkatkan deteksi dini dan cegah dini terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua yang selama ini meresahkan masyarakat," tegas Wawan.

"Kami mohon dukungan dan doa dari segenap rakyat Indonesia agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

(TribunWow.com/Brigitta)

Artikel ini diolah dari Tribunnews.com dengan judul BIN Ungkap Kronologi Gugurnya Kabinda Papua Dalam Kontak Tembak dengan KKB dan Gugurnya Kepala BIN Papua Oleh KKSB, dan Sosoknya yang Berprestasi.

Baca berita lainnya terkait KKB

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved