Breaking News:

Puasa Ramadan 2021

Apakah Swab Test, Rapid Test, GeNose, dan Vaksinasi Membatalkan Puasa Ramadan? Ini Jawaban MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa nomor 24 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah di Bulan Ramadan dan Syawal tahun 1442 H.

Editor: Lailatun Niqmah
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Petugas kesehatan mengambil sampel swab lendir tenggorokan dan hidung di halaman RS Pertamina Jaya, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2020). MUI berpandangan bahwa tes skrining Covid-19 seperti GeNose dan rapid test tidak membatalkan puasa. 

TRIBUNWOW.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa nomor 24 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah di Bulan Ramadan dan Syawal tahun 1442 Hijriah.

Fatwa yang ditetapkan Senin (12/4/2021) tersebut membahas pelaksanaan tes Covid-19 selama ibadah puasa di bulan Ramadan.

"Tes Swab, baik lewat hidung maupun mulut untuk deteksi Covid-19 saat berpuasa tidak membatalkan puasa, karenanya umat Islam yang sedang berpuasa boleh melakukan tes swab," ujar Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh melalui keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan saat Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadan, Tak Perlu Khawatir meski Puasa

MUI juga berpandangan bahwa tes skrining Covid-19 seperti GeNose dan rapid test tidak membatalkan puasa.

"Demikian juga rapid test dengan pengambilan sampel darah dan penggunaan Genose dengan sampel hembusan nafas," ucap Asrorun.

Melalui fatwanya, MUI berpandangan bahwa setiap muslim wajib berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai peredaran Covid-19.

Upaya tersebut dilakukan melalui vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan kekebalan kelompok.

Menurut fatwa MUI, vaksinasi tidak membatalkan puasa.

"Vaksinasi saat berpuasa tidak membatalkan puasa, karenanya umat Islam yang sedang berpuasa boleh melakukan vaksinasi," pungkas Asrorun. (*)

Berita terkait Puasa Ramadan 2021

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul MUI: Rapid Test dan GeNose Tidak Membatalkan Puasa

Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved