Breaking News:

Cerita Selebriti

Raffi Ahmad Jadi Perbincangan karena Kumpul Tanpa Masker usai Vaksin Covid-19, Pakar: Selfish

Usai divaksin Covid-19, selebriti Raffi Ahmad diperbincangkan netizen karena unggahan foto sedang berkumpul tanpa disiplin protokol kesehatan.

Tangkapan layar Twitter/slanker555
Tangkapan layar Raffi Ahmad tak terapkan protokol kesehatan usai vaksin. Netizen sayangkan tindakan Raffi. 

TRIBUNWOW.COM - Usai divaksin Covid-19, selebriti Raffi Ahmad diperbincangkan netizen karena unggahan foto sedang berkumpul tanpa disiplin protokol kesehatan.

Ahli sebut tindakan Raffi ini selfish (egois).

Pakar Biologi Molekuler Indonesia, Ahmad Rusdan Handoyo Utomo PhD menyayangkan tindakan selebriti Raffi Ahmad yang mendapatan kesempatan vaksin pertama tetapi tidak disiplin protokol kesehatan seperti 3M; memakai masker, mencuci tangan rutin, dan menjaga jarak aman minimal 1,5 meter dengan orang lain.

Tidak hanya itu, dalam rumus zero Covid-19, pendekatan protokol kesehatan lainnya yang juga harus dipatuhi adalah pendekatan menghindari 3K, yaitu menghindari kerumunan atau keramaian, kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan kamar atau ruang tertutup.

Baca juga: Divaksin Bareng Jokowi, Ini Respons Raffi Ahmad Disebut Diendorse Pemerintah: Bodoh Amat, Itu Sirik

Baca juga: Pegal dan Kantuk setelah Disuntik Vaksin Sinovac, Raffi Ahmad Langsung Diteror 2 Hari Berturut-turut

Raffi Ahmad saat disuntik vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara, Rabu (13/1/2021).
Raffi Ahmad saat disuntik vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). (KompasTV)

Ahmad menjelaskan bahwa untuk siapa saja yang sudah dan akan mendapatkan vaksin Covid-19, sebaiknya tetap menjalankan protokol kesehatan setelah disuntik dosis vaksin baik yang pertama maupun dosis vaksin kedua.

Hal ini dikarenakan, hampir semua jenis vaksin Covid-19 yang ada saat ini belum atau tidak terbukti mampu mencegah infeksi.

"Maka pesan utama kenapa masih harus tetap 3M paska vaksin ya itu, satu tidak terbukti mampu mencegah (infeksi virus SARS-CoV-2)," kata Ahmad kepada Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Alasan kedua adalah kerja vaksin Covid-19 yang ada saat ini memang bisa mencegah atau melindungi penerima vaksin dari potensi terjadinya gejala-gejala yang berat jika sampai terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Nah, dengan begitu potensi tertular dan menularkan ke orang lain terutama untuk mereka yang belum divaksin Covid-19 juga masih bisa terjadi.

"Maka saya menyayangkan kalau ada selebriti yang sudah divaksin, malah buka masker dan masih berkerumun," ujar Ahmad. "Itu namanya selfish (egois)," imbuhnya.

Baca juga: Sherina Munaf Kritik Raffi Ahmad yang Langsung Nongkrong seusai Vaksinasi Covid-19: Tolong Konsisten

Baca juga: Buat Vlog dengan Jokowi, Raffi Ahmad Singgung Vaksinasi Perdana: Gimana Rasanya Divaksin Pak?

Halaman
12
Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Editor: Ananda Putri Octaviani
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved