Breaking News:

Terkii Nasional

Soal 6 Menteri Baru Jokowi, Politisi Nasdem: Jangan Sakiti yang Sudah Berjuang di Pilpres 2019

Sandiaga Salahuddin Uno resmi masuk dalam Kabinet Indonesia Maju sebaga Menteri Ekonomi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Youtube/Najwa Shihab
Politikus Partai Nasdem, Irma Suryani dalam acara Mata Najwa, Rabu (2/12/2020). 

TRIBUNWOW.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjabat sebagai Menteri Ekonomi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (23/12/2020).

Dengan begitu, Sandiaga Uno melengkapi jatah menteri yang diberikan kepada kubu oposisi yakni Partai Gerindra, bersama Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

Dilansir TribunWow.com dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi, Rabu (23/12/2020), Politikus Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago memberikan tanggapan terkait diangkatnya Sandiaga Uno.

Diumumkan sebagai menteri di Istana Presiden pada Selasa (22/12/2020), Sandiaga mulanya menyinggung soal dirinya sempat terjangkit Covid-19 sebelum akhirnya ditetapkan sebagai menteri.
Diumumkan sebagai menteri di Istana Presiden pada Selasa (22/12/2020), Sandiaga mulanya menyinggung soal dirinya sempat terjangkit Covid-19 sebelum akhirnya ditetapkan sebagai menteri. (channel YouTube Sekretariat Presiden)

Baca juga: Sandiaga Uno Direkrut Jadi Menteri Jokowi, Refly Harun: Untuk Mengikat Gerindra di Pilpres 2024

Baca juga: Analis Politik Sebut Ada Alasan Lain Jokowi Tunjuk Risma dan Sandiaga: Bukan Hanya soal Kapasitas

Irma meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk juga tetap memperhatikan teman-teman pendukungnya.

Dirinya mengaku sebanarnya tidak mempermasalahkan atas keputusan dari Jokowi dalam menunjuk para menterinya, termasuk Sandiaga Uno.

"Namun kan sekali lagi saya ingin menyampaikan kalau pihak oposisi lawan diikutsertakan dalam kabinet, saya setuju, ini pasti strategi baik dari Pak Presiden," ujar Irma.

"Tetapi tolong juga diperhatikan kalau lawan dirangkul ya teman-teman juga diajeni," harapnya.

Terkait hal itu, Irma membantah ketika disebut ada kaitannya dengan jatah menteri yang diberikan kepada partai pendukung.

Seperti yang diketahui, di Nasdem sendiri diberikan tiga jatah menteri, mereka adalah Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika), Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian), dan Siti Nurbaya Bakar (Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

"Intinya tidak ada urusan dengan Nasdem, tidak ada urusan dengan posisi-posisi tambahan menteri di partai," tegas Irma.

Baca juga: Dilantik Hari Ini oleh Jokowi, Berapa Gaji Menteri yang Baru? Mulai Sandiaga Uno hingga Tri Risma

Irma tidak ingin pemerintah dalam hal ini adalah Presiden Jokowi tidak melupakan apalagi menyakiti para para pendukung yang sudah berjuang memenangkannya di Pilpres 2019 lalu.

"Saya menegaskan bahwa tolong jangan juga kemudian kawan-kawan yang sudah berjuang sangat keras di Pilpres yang brutal kemarin itu kemudian menjadi tersakiti, kan juga harus dijaga," kata Irma.

Lebih lanjut, dirinya bersama teman-reman mengaku akan lebih tersakiti ketika sang rival yang sudah dirangkul oleh Jokowi masih menunjukkan sikap kontras dengan pemerintah.

"Hanya saja jangan sampai kemudian setelah Pak Sandiaga masuk pun ini teman-teman di seberang masih nggebukin pemerintah, ini tidak fair," harapnya.

Singgung Sikap Fadli Zon dan Andre Rosiade: Tidak Pantas

Dalam kesempatan sama, Irma mengaku ada perasaan sedih.

Menurutnya, perasaan sedihnya bukan karena Sandiaga Uno gabung pemerintahan.

Ia sendiri mengaku memberikan tanggapan baik dan menilai keputusan Jokowi yang menunjuk Sandiaga Uno sebagai Menparekraf cukup tepat.

Namun yang membuat dirinya merasa sedih lantaran masih ada politikus, khususnya dari Partai Gerindra yang masih menyerang pemerintah.

Dirinya secara terang-terangan mencontohkan dua nama yang begitu getol memberikan kritik pedas, yakni Fadli Zon dan Andre Rosiade.

Baca juga: Dua Orang Dekat Luhut Panjaitan Tersingkir di Kabinet Jokowi, Ali Ngabalin: Everything No Problem

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved