Virus Corona

Punya SIKM Tak Jamin Bisa Masuk Jakarta, Polri: Tergantung Situasi di Lapangan

Kabag Ops Korlantas Polri Brigjen Pol Benyamin menekankan bahwa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) tidak menjamin masyarakat bisa keluar masuk Jakarta.

YouTube Apa Kabar Indonesia tvOne
Kabag Ops Korlantas Polri Brigjen Pol Benyamin di acara APA KABAR INDONESIA PAGI, Selasa (26/5/2020). Benyamin mengatakan apabila saat penyekatan terjadi kemacetan maka SIKM yang dimiliki oleh pengendara tidak akan diperhatikan oleh aparat di lapangan. 

TRIBUNWOW.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menegaskan bahwa hanya masyarakat yang memiliki surat ijin keluar masuk (SIKM), yang bisa masuk ke Ibu Kota.

Namun dari pihak kepolisian mengatakan bahwa memiliki SIKM tidak menjamin seseorang bisa masuk ke Jakarta.

Kabag Ops Korlantas Polri Brigjen Pol Benyamin mengatakan penegakkan aturan penyekatan akan melihat kondisi di lapangan.

Petugas gabungan memeriksa truk yang akan melewati Tol Jakarta-Cikampek di Cek Point KM 31, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). H-1 Lebaran 2020 jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Bandung dan Cirebon tampak lengang akibat pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah.
Petugas gabungan memeriksa truk yang akan melewati Tol Jakarta-Cikampek di Cek Point KM 31, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). H-1 Lebaran 2020 jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Bandung dan Cirebon tampak lengang akibat pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

Polda Metro Jaya Bongkar Akal-akalan Mudik Lebaran saat Corona: Seolah-olah Bus Tak Ada Penumpangnya

Dikutip dari acara APA KABAR INDONESIA PAGI tvOne, Selasa (26/5/2020), awalnya Benyamin memaparkan cara yang digunakan oleh kepolisian untuk mengidentifikasi kendaraan yang masuk ke Jakarta.

Ia mengatakan semua kendaraan yang berplat nomor B akan dilarang masuk ke Jakarta.

"Terutama nanti kita akan mengidentifikasi melalui plat nomor," kata Benyamin.

"Jadi plat B kita pukul rata tidak boleh masuk ke Jakarta."

"Kemudian sudah mendekati Jakarta, misalnya di sekitar Karawang, Bekasi itu bisa kita bedakan lagi mana masyarakat yang memang masyarakat lokal atau memang yang akan pulang ke Jakarta, itu bisa kita lakukan pemilahan," paparnya.

Meskipun ada pengecualian bagi masyarakat lokal untuk beraktivitas di sekitar wilayah mereka, Benyamin menegaskan larangan bagi mereka masuk ke Ibu Kota.

"Sehingga kalau memang untuk masyarakat lokal sekitar Karawang, Purwakarta itu silakan saja mereka beraktivitas di sekitar wilayah mereka," jelas Benyamin.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: anung aulia malik
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved