Breaking News:

Indonesia Terserah

Viral Tagar 'Indonesia Terserah' Turut Jadi Pemberitaan Media Asing, Sebut sebagai Pelampiasan

Tagar "Indonesia Terserah" yang tengah viral telah mendapat sorotan dari media asing, Senin (18/5/2020).

Kolase (instagram@dr.tirta) dan (Twitter via Kompas.com)
Di media sosial Twitter beredar gambar penumpukan penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/5/2020). Peristiwa penumpukan penumpang diduga menjadi pemicu munculnya tagar 'Indonesia Terserah'. 

TRIBUNWOW.COM - Tagar "Indonesia Terserah" yang tengah viral telah mendapat sorotan dari media asing, Senin (18/5/2020).

Beberapa waktu terakhir beredar aksi protes terhadap kebijakan pemerintah dan perilaku masyarakat Indonesia terkait pandemi Virus Corona.

Protes tersebut dituangkan dalam ungkapan #indonesiaterserah yang dibagikan oleh tenaga medis di media sosial.

Tagar tersebut ramai dan menjadi perhatian kanal berita asing Reuters, yang berbasis di London, Inggris.

Tangkapan layar postingan dr Tirta soal Indonesia Terserah (16/5/2020).
Tangkapan layar postingan dr Tirta soal Indonesia Terserah (16/5/2020). (instagram@dr.tirta)

Viral Tagar Indonesia Terserah, Ahli Psikologi: Tenaga Medis akan Kewalahan, Jadi Mereka Protes

Reuters menayangkan kabar tersebut dengan tajuk "#IndonesiaTerserah: Pelampiasan Orang Indonesia Secara Online Terkait Respons Pada Virus", Senin (18/5/2020).

Dalam berita itu, diceritakan tentang tagar tersebut yang menjadi bentuk kritikan terhadap respons pemerintah dan kelakuan masyarakat.

Tagar tersebut juga diunggah oleh dokter dan infuencer media sosial, Tirta Mandira Hudhi, yang marah akibat adanya relaksasi larangan penerbangan yang menimbulkan penumpukan penumpang di bandara Soekarno-Hatta.

Para penumpang tersebut berdesak-desakan membanjiri bandara dan tidak mengindahkan aturan jaga jarak sebagai pencegaha penularan Virus Corona.

Dalam akun Instagramnya, dokter tersebut mengunggah foto dirinya yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap sambil membawa tulisan "Indonesia? Terserah. Suka-suka kalian saja!"

Pada Senin, unggahan tersebut telah disukai hingga lebih dari 400.000 orang, dan tagar #IndonesiaTerserah menjadi trending teratas di Instagram dan Twitter.

Dalam pemberitaan tersebut, dikatakan juga Indonesia menjadi negara dengan tingkat kematian tertinggi di Asia Timur selain China.

Namun Indonesia lebih lambat dalam memberlakukan pembatasan untuk mengekang penyebaran virus jika dibandingkan dengan negara tetangganya.

Bahkan saat ini pemerintah malah sudah mulai membahas pelonggaran pembatasan tersebut.

Staf Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menyatakan pada Reuters bahwa belum ada penetapan kebijakan relaksasi pembatasan sosial meskipun pembatasan bepergian telah dilonggarkan.

Halaman
12
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved