Terkini Nasional

Bank Dunia Beri Pinjaman Senilai 700 Dolar AS, Bantu Indonesia Lakukan Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Paham dengan kondisi Indonesia yang sedang dihantam pandemi Corona, Bank Dunia berikan bantuan dana dlam dua proyek senilai US$ 700.

TRIBUNNEWS
Uang dollar dan rupiah 

TRIBUNWOW.COM - Pihak Bank Dunia menyetujui dua proyek baru dengan total nilai US$ 700 juta untuk membantu Indonesia menangani pandemi Covid-19.

Pinjaman tersebut akan membantu untuk meningkatkan sistem perlindungan sosial sekaligus sektor keuangan Indonesia.

Dilansir oleh Kontan.id, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu Kahkonen mengatakan bantuan tersebut disalurkan agar pemerintah dapat membantu masyarakat yang terkena imbas Covid-19.

 Sri Mulyani Bebaskan PNS Kemenkeu Kerja dari Mana Saja sesudah Corona, Gaji dan Tunjangan Tetap

 Bank Dunia Setujui 2 Proyek Baru Senilai 700 Juta Dolar untuk Bantu Indonesia dalam Tangani Covid-19

Hal ini ia katakan dalam siaran pers, Minggu (17/5/2020).

"Untuk Indonesia, kami mendukung pemerintah agar terus fokus dalam melindungi populasi yang rentan dan berisiko tinggi, serta meningkatkan kesiapsiagaan darurat untuk berbagai sektor prioritas," ujar Satu.

Menurut Satu, kemampuan dan juga kesiapan untuk mengurangi dampak pandemi ini menjadi sangat penting dalam upaya pemerintah dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan juga sumber daya manusia (SDM) dalam negeri.

Proyek pertama yang disetujui berupa bantuan pendanaan tambahan untuk asistensi program reformasi sosial senilai US$ 400 juta.

Sebelumnya, proyek ini pernah disetujui pada tiga tahun lalu dan telah berhasil mendukung program bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) dalam memperluas cakupan dari 6 juta mejadi 10 juta keluarga.

Pendanaan ini juga akan mendukung Kementerian Sosial (Kemensos) dalam memperkuat kapasitas sistem perlindungan sosialnya.

Khususnya, untuk meningkatkan dan menyediakan bantuan cepat di masa yang akan datang bagi masyarakat yang terdampak pandemi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fransisca Krisdianutami Mawaski
Editor: Ananda Putri Octaviani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved