Virus Corona

Sempat Dibolehkan, Kini Aturan Mudik Lokal Tegas Dilarang Pemprov DKI Jakarta

Beberapa waktu lalu, Dishub DKI Jakarta sempat memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik lokal, tapi kini wacana tersebut direvisi.

Tribunnews/Jeprima
(ilustrasi) Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Cawang, Jakarta Timur, Selasa (28/4/2020). Pemprov DKI resmi larang masyarakat untuk lakukan mudik lokal. 

TRIBUNWOW.COM - Kegiatan mudik lokal pada saat Idulfitri mendatang dilarang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pemprov DKI hanya memperbolehkan warga unuk melakukan perjalanan dengan kegiatan yang dikecualikan saja.

Hal ini dibenarkan Kepal Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Jumat (15/5/2020) seperti dikutip dari Kompas.com.

"Perjalanan yang diperbolehkan hanya perjalanan untuk kegiatan yang dikecualikan. Artinya, kalau mudik otomatis tidak diperbolehkan. Mari sayangi keluarga kita," ucap Syafrin saat dihubungi.

Tegaskan Tak Ada Pelonggaran Aturan PSBB, Anies Baswedan Minta Warga Tak Pergi saat Libur Lebaran

Tegaskan Tak Ada Pelonggaran PSBB, Anies Baswedan Justru Memperketat: Fase yang Amat Menentukan

Aturan tersebut diberlakukan karena masih ada beberapa daerah penyangga ibu kota yang masih berada di zona hijau atau bebas Covid-19.

Seperti Kepulauan Seribu.

"Contohnya, Kepulauan Seribu. Jika terjadi mudik lokal, bisa jadi apa saudara kita yang ada di pulau? Demikian halnya untuk beberapa kawasan di Jabodetabek, ini yang kami hindari," jelasnya.

Pemprov DKI berpegangan pada aturan-aturan pelaksanaan PSBB, yakni Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB.

Pasal 18 ayat 1 Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tercantum bahwa semua kegiatan pergerakan orang dan atau barang dihentikan sementara, kecuali untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan kegiatan yang diperbolehkan selama pemberlakuan PSBB.

Larang Mudik Lokal, Anies Baswedan Sebut Ingin Tuntaskan Corona: Virus Ini Tidak Kenal Lebaran

Enggan Longgarkan PSBB saat Lebaran, Anies Baswedan: Bukan soal Sanksi, tapi Selamatkan Warga

Syafrin pun mengimbau agar masyarakat hanya melakukan perjalanan jika memang berhubungan dengan pekerjaan yang dikecualikan atau pemenuhan kebutuhan pokok.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fransisca Krisdianutami Mawaski
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved