Tips Kesehatan

Minum Alkohol Berdampak Buruk bagi Sistem Kekebalan Tubuh, Dapat Tingkatkan Risiko Infeksi Serius

Ketika seseorang terpapar virus, tubuh memasang respons imun untuk menyerang dan membunuh patogen asing.

AFP
Ilustrasi alkohol atau minuman keras 

TRIBUNWOW.COM - Ketika seseorang terpapar virus, tubuh memasang respons imun untuk menyerang dan membunuh patogen asing.

Secara umum, sistem kekebalan tubuh seseorang yang lebih sehat adalah, semakin cepat ia dapat membersihkan virus dan pulih dari penyakit seperti Covid-19.

Secara default, alkohol mempersulit sistem kekebalan untuk bersiap dan mempertahankan tubuh terhadap kuman yang berbahaya.

Cara Memakai Masker Bedah Sekali Pakai dengan Benar, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Wine
Wine (Ocean 82)

 

"Alkohol memiliki beragam efek buruk di seluruh tubuh, termasuk pada semua sel sistem kekebalan tubuh, yang mengarah pada peningkatan risiko infeksi serius," kata Dr. E. Jennifer Edelman, spesialis kecanduan obat di Yale Medicine, dikutip TribunWow.com dari Healthline.

Di paru-paru, misalnya, alkohol merusak sel-sel kekebalan dan rambut halus yang memiliki tugas penting untuk membersihkan patogen dari jalan napas kita.

“Jika sel-sel yang melapisi jalan napas seseorang rusak akibat alkohol, maka partikel virus, seperti Covid-19, lebih mudah mendapatkan akses."

"Hal ini menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh, yang melawan infeksi, tidak berfungsi juga, yang mengarah pada peningkatan risiko terkena penyakit parah serta komplikasi, ”kata Dr. Alex Mroszczyk-McDonald, seorang dokter keluarga di California Selatan.

Demikian pula, alkohol bisa memicu peradangan di usus dan menghancurkan mikroorganisme yang hidup di usus dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

"Asupan alkohol dapat membunuh bakteri usus sehat yang normal, yang membantu meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko infeksi," kata Mroszczyk-McDonald.

Ketika tubuh tidak dapat membersihkan patogen, infeksi dapat memburuk dan menyebabkan komplikasi yang lebih parah dan mengancam jiwa.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Maria Novena Cahyaning Tyas
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved