Virus Corona

Saat Donald Trump Pertanyakan Apakah China Sengaja Ciptakan Krisis Covid-19: Ada Konsekuensinya

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menganggap China sengaja sudah memulai krisis Covid-19 yang menjangkiti 2,3 juta di seluruh dunia.

instagram/realdonaldtrump
Presiden AS, Donald Trump 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyuarakan anggapan bahwa China secara sengaja sudah memulai krisis Covid-19 yang menjangkiti 2,3 juta di seluruh dunia.

Negeri "Uncle Sam" merupakan negara yang paling terdampak Virus Corona, dengan 738.912 kasus penularan dengan 39.015 di antaranya meninggal.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Trump menuturkan sembari menunggu investigasi yang dilakukan China, AS juga menggelar penyelidikan.

Beri Peringatan pada China soal Corona, Trump: Kesalahan Adalah Kesalahan, Harus Ada Konsekuensinya

"Jika memang terjadi kesalahan, maka itu adalah kesalahan. Tetapi jika mereka ternyata bertanggung jawab, tentunya ada konsekuensinya," ancamnya.

Dilansir Bloomberg Sabtu (18/4/2020), sejumlah politisi Partai Republik menuding Beijing karena Covid-19, yang mulai mewabah pada akhir Desember 2019.

Mereka mengklaim, Virus Corona itu bocor dari laboratorium dalam sebuah eksperimen, dan merancang undang-undang untuk menuntut ganti rugi.

Tak hanya itu, Kaum Republikan juga menuding oposisi, Partai Demokrat, yang membela Beijing dengan menyatakan mereka sebagai "aset China".

Tuding WHO Bersekongkol dengan China, Trump Resmi Bekukan Aliran Dana ke Organisasi Kesehatan Itu

Trump menuturkan, hubungan mereka dengan Negeri "Panda" berjalan baik-baik saja hingga virus itu mulai menyebar ke seluruh dunia.

Presiden berusia 73 tahun itu mengatakan, jika ditanya apakah dia marah kepada Beijing, reaksinya bakal bergantung kepada perkembangan di lapangan.

"Apakah ini adalah kesalahan yang tak bisa dikendalikan, ataukah ini merupakan kesengajaan? Terdapat perbedaan besar di antara dua jawaban ini," kata dia.

Tuduh WHO Bias Terhadap China, Donald Trump Hentikan Pendanaan di Tengah Pandemi Virus Corona

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved