Prakiraan Cuaca

Info Cuaca - Gelombang Perairan di Bali Capai 2 Meter, Nelayan dan Wisatawan Diimbau Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Bali.

KOMPAS.com/MUTIA FAUZIA
Pantai Pandawa, Bali. 

TRIBUNWOW.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Bali per 13 hingga 14 Maret 2020 umumnya cerah berawan dan berpotensi terjadinya hujan ringan hingga sedang, Jumat (13/3/2020).

Suhu udara di Bali secara keseluruhan berkisar antara 22 sampai 33 derajat celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 60 sampai 95 persen.

Angin diperkirakan umumnya bertiup dari arah Barat Laut menuju Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 8 - 34 Km/Jam.

Info BMKG - Prakiraan Cuaca 33 Kota Besok, Minggu 15 Maret 2020: Semarang Hujan hingga Malam

Sementara untuk tinggi gelombang laut di Perairan Utara Bali berkisar antara 0.25 sampai 1 meter, di Perairan Selatan Bali berkisar antara 0.75 sampai 2 meter, di Selat Bali berkisar antara 0.25 sampai 2 meter dan di Selat Lombok berkisar antara 0.5 sampai 2 meter.

Hal ini disebabkan oleh terdapat daerah konvergensi di wilayah Bali, di mana kondisi ini menyebabkan peningkatan potensi terjadinya hujan di wilayah Bali.

Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar antara 28 sampai 30 derajat celcius. Apabila kondisi air laut menjadi hangat, ini dapat memberikan kontribusi penguapan yang cukup untuk pembentukan awan-awan hujan.

Sementara itu, massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 200 mb (12.000 m).

Peringatan dini yang disampaikan Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar ini menyatakan untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang berdurasi singkat.

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Besok Minggu 15 Maret 2020, Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang

Pihaknya pula mengimbau bagi masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari mewaspadai potensi tinggi gelombang yang dapat mencapai 2 meter atau bahkan lebih di sekitar perairan Selatan Bali.

Oleh karena tingginya intensitas hujan yang sempat terjadi dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan hati-hati terhadap dampak bencana yang dapat terjadi seperti kilat/petir, angin kencang secara tiba-tiba, pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor. (*)

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul BMKG: Gelombang Perairan Bali Capai 2 Meter, Nelayan & Pelaku Wisata Bahari Diimbau Waspada

Ikuti kami di
Editor: Atri Wahyu Mukti
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved