Timnas Indonesia

Sanksi Berat akan Diterima Pemain yang Tolak Perkuat Timnas Indonesia, PSSI: Agar Ada Efek Jera

Beberapa hari yang lalu, PSSI mewacanakan akan menyiapkan sanksi terhadap pemain yang menolak membela timnas Indonesia.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pemain timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum menghadapi timnas Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Beberapa hari yang lalu, PSSI mewacanakan akan menyiapkan sanksi terhadap pemain yang menolak membela timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochmad Iriawan mengatakan PSSI akan menyiapkan aturan dan saksi tegas bagi pemain yang menolak bergabung dengan timnas Indonesia.

Disinyalir hal tersebut terjadi karena beberapa klub yang merasa keberatan melepas pemain ke timnas Indonesia.

Laga Kualifikasi Timnas Indonesia Tertunda 7 Bulan Akibat Virus Corona, Iwan Bule Beri Apresiasi AFC

"Kami sudah buat agar jadwal tidak berbenturan dengan pemusatan latihan timnas," ucap Iwan Bule, dikutip BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan contoh bahwa di Korea Selatan ada sanksi tegas larangan bermain beberapa tahun dari Korea Football Association (KFA) bagi beberapa pemain yang menolak panggilan timnas.

Lebih lanjut, M Iriawan kan menyusun rumusan untuk memberikan efek jera.

"Nanti kami rumuskan sanksinya agar ada efek jera bagi mereka yang tak mau bergabung dengan timnas," tutur Iwan Bule.

Hukuman bagi pemain yang menolak bergabung timnas Indonesia sebelumnya sudah pernah ada.

Ditunda karena Corona, Ini Jadwal Terbaru Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2020

Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, saat di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (8/2/2020). Iwan berkunjung ke Solo untuk melihat faslitas sepakbola yang dimiliki Solo, sebelum Solo menjadi kota tuan rumah Piala Dunia U20 2021 mendatang.
Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, saat di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (8/2/2020). Iwan berkunjung ke Solo untuk melihat faslitas sepakbola yang dimiliki Solo, sebelum Solo menjadi kota tuan rumah Piala Dunia U20 2021 mendatang. (TRIBUNSOLO.COM/ADI SURYA SAMODRA)

BolaSport.com melansir dari Kompas.com, pada Januari 2013, PSSI di bawah kepimpinan Djohar Arifin pernah memberikan sanksi kepada 23 pemain yang menolak panggilan timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia 2015.

Saat itu hukuman yang diberikan adalah dilarang beraktivitas di sepak bola seleman enam bulan dan diwajibkan membayar denda Rp 100 juta.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Claudia Noventa
Sumber: BolaSport.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved