Virus Corona

Nasib Calon Jemaah Umrah yang Sudah Kantongi Visa seusai Arab Saudi Hentikan Kunjungan Sementara

Pemerintah Arab Saudi menangguhkan semua kunjungan dengan visa umrah. Hal itu berlaku juga untuk visa turis dari beberapa negara tertentu

KOMPAS.COM/A. FAIZAL
Jamaah umrah batal berangkat ke tanah suci di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kamis (27/2/2020) sore. 

TRIBUNWOW.COM - Pemerintah Arab Saudi menangguhkan semua kunjungan dengan visa umrah.

Hal itu berlaku juga untuk visa turis dari beberapa negara tertentu, mulai Kamis (27/2/2020) hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Kebijakan ini pun diakui langsung berdampak pada calon dan jemaah umrah dari Indonesia.

Division Head Al Malik Umrah & Haji Khusus, Supriyadi, mengungkapkan, kebijakan Pemerintah Arab Saudi membuat calon jemaah umrah terpaksa tidak bisa berangkat.

Namun, Supriyadi menegaskan, kebijakan pembatalan keberangkatan itu bukan dari pihak travel agent, melainkan Pemerintah Arab Saudi.

Mahfud MD Batal Lakukan Umrah setelah Arab Saudi Berlakukan Penghentian Sementara

"Kalau dari travel agent mengikuti pihak supplier, seperti penerbangan, itu tiketnya bisa di-refund," kata Supriyadi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

"Kemudian kalau biaya visa tidak bisa dikembalikan, karena visa itu satu kali transaksi dan masuknya ke negara," lanjutnya.

Kendati demikian, Supriyadi melanjutkan, pihak travel agent masih menunggu peraturan baru yang ditetapkan bagi calon jemaah umrah yang sudah mengantongi visa.

Adapun aturan yang ditunggu yakni apakah visa tersebut masih bisa digunakan pada saat keadaan sudah kondusif, atau calon jemaah umrah harus membuat visa baru lagi.

Supriyadi menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah mencari cara untuk memulangkan jemaah umrah yang berada di Arab Saudi.

Kondisi Terbaru Jemaah Indonesia yang Sudah Berada di Arab Saudi Pasca-penghentian Sementara Umrah

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved