Liga 1

Harga Siar Liga Indonesia Disebut Lebih Mahal dari Liga Inggris, Begini Kata Pakar Televisi Swasta

Helmy Yahya menyebutkan bahwa tayangan Liga Indonesia lebih mahal ketimbang Liga Inggris. Begini tanggapan pakar televisi swasta Indonesia.

Instagram @baliunitedfc
Bali United dipastikan mengunci gelar juara di pekan ke-30 Liga 1 2019, Senin (2/12/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Dalam dua hari terakhir, media sosial dihebohkan dengan pernyataan Helmy Yahya yang menyebutkan bahwa tayangan Liga Indonesia lebih mahal ketimbang Liga Inggris.

Helmy Yahya mengatakan harga Liga Inggris hanya sekitar Rp 130 juta perjam, sementara untuk Liga Indonesia harganya empat sampai lima kali lipat.

Helmy Yahya pun akhirnya memutuskan untuk membeli tayangan Liga Inggris dan disiarkan secara langsung oleh TVRI.

Dipecat karena Tayangan Liga Inggris, Helmy Yahya Sempat Tak Percaya Dapat Hak Siarnya

Baru berjalan beberapa bulan, Helmy Yahya akhirnya dipecat oleh Dewan Pengawas TVRI karena membeli Liga Inggris.

Helmy Yahya tidak menyebutkan berapa harga tayangan Liga Indonesia.

Ia hanya mengatakan bahwa Liga Inggris dibeli dengan harga 3 juta dollar.

"Kalau ada yang bertanya kenapa tidak beli Liga Indonesia? Liga Indonesia harganya empat kali lipat, lima kali lipat dari Liga Inggris. Saya katakan rezeki anak saleh mendapatkan kepercayaan menayangkan Liga Inggris dengan harga yang sangat murah," kata Helmy Yahya kepada wartawan.

"Saya buka saja, harganya cuma 3 juta dollar, 1 juta dollar itu komitmen diambil iklannya, kami hanya bayar 2 juta dollar. Kami hitung-hitung per episode atau per jamnya hanya Rp 130 juta. Jangan lupa hanya karena Liga Inggris publik menonton TVRI," ucap Helmy Yahya menambahkan.

Liga Inggris jadi Pangkal Persoalan Pemecatannya dari Dirut TVRI, Helmy Yahya Siapkan Langkah Hukum

Terkait apa yang diutarakan Helmy Yahya tentu membuat publik bertanya-tanya semahal itu kah harga hak siar Liga Indonesia.

Pernyataan itu pun akhirnya viral sehingga mengundang komentar dari salah satu pakar televisi swasta Indonesia, Reva Deddy Utama.

Pria yang bertugas sebagai Direktur Programing Tv One itu mengatakan kalau dikatakan secara head to head, harga siaran Liga Inggris lebih murah dari Liga Indonesia adalah salah.

Sebab, harga siaran Liga Inggris termasuk fee to air (FTA), sateliit, pay tv, dan digital untuk wilayah Indonesia sekitar 40 juta dollar untuk 380 pertandingan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: BolaSport.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved