Terkini Nasional

Jokowi Ingin Indonesia seperti Tom Hanks di Film Cast Away, Singgung 3 Hal Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) teringat akan film Cast Away yang diperankan oleh Tom Hanks saat menyampaikan visi ekonominya.

Jokowi Ingin Indonesia seperti Tom Hanks di Film Cast Away, Singgung 3 Hal Ini
Instagram @jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada unggahannya di Instagram, Jumat (23/8/2019) 

TRIBUNWOW.COM - Di tengah ketidakpastian perekonomian global yang beberapa tahun terakhir melanda, termasuk berimbas ke Indonesia, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) teringat akan salah satu film Cast Away yang diperankan oleh Tom Hanks.

"Kalau kita adaptasi dari film Cast Away, jadi aktornya masih saudara saya Tom Hanks. Bercerita sebenarnya di dalam film ini, ada pesawat jatuh di satu pulau dan hanya ada satu yang bisa bertahan hidup. Kenapa dia bisa bertahan hidup dan akhirnya selamat?," kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Bagi Jokowi, film itu sangat relevan bagi Indonesia yang sedang bertahan di tengah ketidakpastian dan pelemahan ekonomi global, sama layaknya Tom Hanks yang bertahan hidup di film Cast Away.

Jokowi Sebut Bakal Pangkas Pejabat Eselon III dan IV Mulai Tahun Depan, Ini Alasannya

Dia pun menjabarkan ada tiga hal yang bisa membuat perekonomian Indonesia tetap bisa kokoh di tengah ketidakpastian global saat ini.

"Ini kalau dihubung-hubungkan dengan ketidakpastian (perekonomian) tadi. Yang pertama, harus mampu bertahan di tengah kesulitan yang menimpa dirinya. Ni Cak Nolan yang diperankan oleh Tom Hanks tadi, mampu bertahan di tengah kesulitan yang melanda dirinya. Yang kedua, mampu mencari sumber baru untuk mendukung upaya untuk tetap bertahan," tuturnya.

Terjebak Macet 30 Menit, Jokowi: Itulah Kenapa Ibu Kota Dipindah

Selain andalkan pertahanan serta mencari sumber daya baru, optimisme harus tetap disematkan.

Tanpa rasa optimis, lanjut Jokowi, maka Indonesia tidak akan mampu bertahan menghadapi tantangan global.

"Yang ketiga, tetap optimis menghadapi berbagai tekanan. (Kalau ada) Tekanan eskternal semuanya, terus kita berbicara pesimis, selalu menunggu wait and see, justru tidak memecahkan masalah," ujarnya.

Saat Jokowi Ibaratkan Film Cast Away untuk Sampaikan Visi Ekonomi: Kita Harus Mampu Cari Sumber Daya

Mengulas sekilas film Cast Away tersebut, mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan untuk tetap bersyukur karena perekonomian tetap tumbuh stabil kisaran 5 persen semasa periodenya menjabat.

"Apa yang ingin saya sampaikan di sini, kita harus bersyukur negara kita masih diberi pertumbuhan ekonomi di 5 persen. Ini patut kita syukuri. Bahkan, dibandingkan negara-negara G20, kita ini masih di ranking yang ketiga. Kalau kita tidak bersyukur berarti kita ini kufur nikmat," katanya. (Kompas.com/Ade Miranti Karunia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Jokowi Ingin Indonesia Seperti Tom Hanks di Film Cast Away"

Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved