Kabar Tokoh

Dirjen Imigrasi Sebut Paspor Habib Rizieq Berlaku hingga 2021: Soal Visa, Itu Kewenangan Arab Saudi

Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny Sompie jelaskan status imigrasi Habib Rizieq Shihab, ia juga menjelaskan ada kedaulatan mutlak Arab Saudi soal visa

Dirjen Imigrasi Sebut Paspor Habib Rizieq Berlaku hingga 2021: Soal Visa, Itu Kewenangan Arab Saudi
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny Sompie jelaskan status imigrasi Habib Rizieq Shihab, ia juga menjelaskan ada kedaulatan mutlak Arab Saudi soal visa yang tak bisa diganggu gugat 

TRIBUNWOW.COM - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ronny Sompie mengatakan untuk status imigrasi Habib Rizieq Shihab, paspor miliknya masih berlaku hingga 2021.

Kemudian Ronny menjelaskan soal visa itu kedaulatan mutlak Arab Saudi untuk memberi izin tinggal bagi orang yang menetap di wilayahnya. 

Dikutip TribunWow.com dari video unggahan kanal Youtube tvOneNews, Selasa (12/11/2019), Ronny menjelaskan soal status paspor yang diberikan kepada Habib Rizieq Shihab yang telah diberikan sejak tahun 2016.

Habib Rizieq Syihab menunjukkan dua surat soal pencekalan dirinya, Jumat (8/11/2019) (kiri) dan  Dirjen Kemenkumham (kanan)
Habib Rizieq Syihab menunjukkan dua surat soal pencekalan dirinya, Jumat (8/11/2019) (kiri) dan Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (kanan) (Kanal Youtube Front TV dan Youtube TvOne News)

Ia mengatakan paspor Habib Rizieq akan berlaku hingga 25 Februari 2021.

"Pertama, Beliau kita berikan paspor sejak 25 Feburari 2016 yang lalu dan masih berlaku sampai 25 Februari 2021," jelas Ronny.

Ronny mengatakan paspor tersebut adalah berkas yang menjadi dokumen perjalanan setiap warga negara Indonesia sebagai bentuk perlindungan hukum dari Pemerintah Indonesia.

"Paspor itulah menjadi dokumen perjalanan bagi setiap warga negara Indonesia," terang Ronny.

"Termasuk Bapak Habib Rizieq untuk berangkat ke luar negeri sebagai perlindungan hukum dari Pemerintahan Indonesia kepada warga negara Indonesia," tambahnya.

Namun Ronny menambahkan, ketika dia berada di Arab Saudi, maka yang berhak mengatur izin tinggal Habib Rizieq Shihab adalah pemerintah Arab Saudi melalui pemberian visa.

"Ketika dia berada di luar negeri termasuk di Arab Saudi yang berlaku adalah pemberian visa bagi yang bersangkutan oleh Pemerintah Arab Saudi," kata Ronny.

Habib Rizieq Shihab Sebut Dicekal 1,5 Tahun, Mahfud MD: Masalahnya Ada di Arab Saudi

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: anung aulia malik
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved