Viral Medsos

Viral Video Penjambret Ambil Barang dari Pengguna Mobil, Beraksi saat Korban Buka Kaca Mobil

Sebuah video penjambretan yang dialami pengguna mobil viral di media sosial. Begini pelajaran berharga yang bisa dipetik.

Viral Video Penjambret Ambil Barang dari Pengguna Mobil, Beraksi saat Korban Buka Kaca Mobil
Instagram @jktinfo via Kompas.com
Video viral penjambretan di sebuah mobil 

TRIBUNWOW.COM - Sebuah video penjambretan yang dialami oleh pengguna mobil viral di media sosial

Kali ini terkait kasus penjambretan barang yang dialami pengguna mobil ketika sedang berhenti karena macet.

Menurut informasi dari akun instagram @jktinfo, peristiwa tersebut di diduga terjadi kawasan Gungung Sahari, Jakarta Pusat.

Ikut Jejak Jokowi yang Pernah Jabat Wali Kota, Gibran Terapkan Strategi Ayahnya di Pilkada Solo 2020

Nampak dalam video, pengguna mobil Honda Jazz yang sedang antre kemacetan membuka kaca mobilnya.

Tiba-tiba dari arah samping, ada kawanan penjambret yang dengan sigap langsung menyerobot masuk dari kaca mobil dan mengambil barang.

Seketika, oknum tersebut langsung mengantongi barang jarahannya dan kabur diboncengi rekannya yang sudah menunggu di jalur bus Transjakarta.

Menanggapi insiden tersebut, Training Director Safety Defensive Consultan Indonesia (SDCI) Sony Susmana, menjelaskan bila banyak pelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut.

"Ini jadi pembelajaran sekali untuk kita, khususnya pengguna kendaraan di jalan raya, baik motor dan mobil akan pentingnya masalah keselamatan dan keamanan. Poinnya, kita harus waspada di mana pun dan kapan pun," ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/11/2019).

Soroti Pernikahan Ayah Mirna Korban Sianida dengan Wanita Muda, Hotman Paris: Semoga Bahagia!

Lebih lanjut, Sonny mengatakan bila melihat dari video, sebenarnya awal mula letak kesalahan justru berasal dari pengendara mobil Jazz tersebut.

Dengan membuka kaca dan mungkin sambil meletakan atau memainkan barang berharga, secara tak langsung "mengundang" sebuah tindakan negatif, yakni penjambretan.

Video viral penjambretan di sebuah mobil
Video viral penjambretan di sebuah mobil (Instagram @jktinfo via Kompas.com)

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Hari Ini di sscasn.bkn.go.id, Simak Formasi, Syarat, dan Alurnya

Hal ini diibaratkan Sony sama halnya seperti meninggalkan barang berharga di dalam mobil yang posisinya mudah dipantau orang dari luar ketika sedang parkir.

Contoh seperti di dasbor, atau area lain yang memang gampang diintip.

"Kalau dilihat yang salah justru pengendara, tanpa dia sadari dengan membuka kaca saat sedang macet di daerah rawan, apalagi bila memang sambil bermain ponsel atau ada barang berharga yang diletakan di area yang mudah dipantau dari luar, itu kan sama saja mengundang kejahatan," kata Sony.

"Kasus seperti ini sebenarnya banyak terjadi, masalahnya utamanya karena kebanyakan kita kurang waspada. Sarannya di mana pun itu, kita patut tetap waspada, sebisa mungkin hindari hal-hal yang sifatnya "mengundang" kejahatan, ingat mobil itu bukan kamar, jangan dijadikan tempat penyimpanan barang, apalagi yang sifatnya berharga," ujar Sony. (Kompas.com/Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Video Jambret Mobil, Pelajaran Berharga Bagi Pengguna Mobil"

Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved