Tips dan Trik

Cara Menggunakan Fitur Restrict di Instagram, Bisa Memblokir Komentar 'Bullying'

Instagram akhirnya meluncurkan fitur Batasi (Restrict) kepada pengguna Instagram di Indonesia. Begini cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Fitur Restrict di Instagram, Bisa Memblokir Komentar 'Bullying'
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Ilustrasi Instagram 

TRIBUNWOW.COM - Setelah diuji coba beberapa waktu lalu, Instagram akhirnya meluncurkan fitur Batasi (Restrict) kepada pengguna Instagram di Indonesia.

Seperti namanya, fitur ini bisa membatasi pengguna Instagram lain untuk berkomentar kasar yang bernada merundung (bullying), di postingan Instagram milik pengguna.

Fitur ini juga memungkinkan komentar di sebuah postingan Instagram hanya dilihat oleh pemilik postingan, dan pemberi komentar saja.

Pihak Instagram, melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (4/10/2019), mengatakan bahwa fitur ini diluncurkan untuk melindungi pengguna dari kasus bullying (perundungan) yang memojokkan mereka.

“Bullying adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya, tapi mereka kadang merasa ‘sungkan’ untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka," kata juru bicara Instagram.

Cara agar Unggahan Instagram Anda Tetap Bisa Dilihat, Tapi Tak Bisa Dikomentari Akun Tertentu

Cara menggunakan Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna cukup memilih komentar yang ingin dibatasi dan pilih opsi "Restrict Account".

Setelah itu, komentar yang dibatasi tersebut hanya akan bisa dilihat oleh sang pemberi komentar semata, artinya orang lain tidak akan bisa melihat komentar tersebut.

Untuk melihat komentar yang telah diblokir, pengguna cukup klik "See Comment" atau "Lihat Komentar".

Uniknya, pengguna yang dibatasi komentarnya ini tidak akan tahu bahwa mereka telah "diblokir".

Ingin Stalking Gebetan atau Mantan di Instagram tapi Takut Ketahuan? Cara Satu Ini Pasti Berhasil

Bahkan, ketika mereka mengirim "Direct Message" (DM), pesan yang dikirim bakal masuk ke "Message Request", sebuah wadah yang berisi pesan-pesan yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved