Breaking News:

Terkini Daerah

Hutan Lindung di Suwawa, Bone Bolango Terbakar, Penambang Tradisional Diduga Terjebak

Sebuah kawasan lindung yang ditempati para penambang emas tradisional terbakar hebat di daerah Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Editor: Lailatun Niqmah
Dok. ARDIN MOKODOMPIT
Kawasan hutan lindung di Suwawa terbakar, daerah ini diketahui sebagai kawasan tambang emas tradisional di Bone Bolango. Belum diketahui nasib para penambang. 

TRIBUNWOW.COM - Sebuah kawasan lindung yang ditempati para penambang emas tradisional terbakar hebat di daerah Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Belum diketahui bagaimana nasib para penambang yang ada di dalam kawasan hutan tersebut.

“Kebakaran di titik bor 19. Informasi yang kami terima dari masyarakat penambang, api mulai terlihat sejak seminggu yang lalu,” kata Ardin Mokodompit, warga Suwawa yang juga anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Senin (16/9/2019).

Kata Gubernur Kaltim soal Kepungan Kabut Asap di Lokasi Calon Ibu Kota Negara Baru

Titik bor merupakan lokasi di atas gunung yang dulunya dijadikan penelitian sebuah perusahaan untuk mengetahui kandungan emas.

Ardin Mokodompit menuturkan, dari laporan para penambang diketahui awalnya api hanya terlihat kecil di titik bor 18, dari sinilah api kemudian merambat ke hutan damar di titik bor 19.

Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan Merambat hingga Negara Lain, Malaysia Kirim Catatan pada Indonesia

“Pohon damar sangat mudah terbakar, tiupan angina yang kencang membuat kebakaran semakin tidak terkebali,” papar Ardin Mokompit.

Akibat terbakarnya kawasan hutan ini, asap terlihat mengepul, masyarakat hanya bisa menyaksikan dari jauh.

“Sampai saat ini belum diketahui adanya korban, api juga masih menyala,” kata Ardin Mokodompit. (Kompas.com/Rosyid A Azhar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penambang Tradisional Diduga Terjebak di Kawasan Hutan yang Terbakar"

Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved