Breaking News:

Otomotif

Spesifikasi Mobil Esemka (Bima), Bisa Disulap Jadi Angkot

Mobil Esemka (Bima) produksi dari PT Solo Manufaktur Kreasi telah resmi meluncur, Jumat (6/9/2019). Berikut spesifikasi lengkapnya.

Setpres Agus Suprapto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan test drive atau menguji coba mobil Esemka yang resmi diluncurkan, Jumat (6/9/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Mobil Esemka produksi dari PT Solo Manufaktur Kreasi telah resmi meluncur, Jumat (6/9/2019).

Produk pertama dari mobil Esemka adalah Bima.

Sementara itu dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, ada dua produk mobil Esemka yang diperkenalkan, yaitu Bima 1.2 dan Bima 1.3.

Dengan kata lain, Bima 1.2 memiliki kubikasi mesin 1.200, sedangkan untuk Bima 1.3 memiliki kubikasi mesin 1.300.

Hal itu seperti yang sudah disampaikan oleh Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya.

Komentar Jokowi setelah Jajal Mobil Esemka Bima: Sudah Sangat Bagus untuk Produksi Pertama

Mobil pikap Bima juga diluncurkan bersamaan denga peresmian pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) siang.
Mobil pikap Bima juga diluncurkan bersamaan denga peresmian pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) siang. (KOMPAS.com/STANLY RAVEL)

Dirinya menjelaskan untuk tahap pertama akan fokus memproduksi kendaraan niaga ringan.

"Rencananya demikian, untuk produk yang akan meluncur seperti yang sudah saya bicarakan beberapa waktu lalu, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Kita sudah komitmen soal ini," ujar Eddy Wirajaya, Kamis (5/9/2019).

Meluncurnya mobil Esemka berjenis pikap ini bisa memiliki fungsi lebih, seperti halnya dijadikan sebagai angkutan penumpang.

Angkutan penumpang yang dimaksud adalah transportasi umum sebagai angkutan kota (angkot).

Diketahui, angkot saat ini juga banyak yang menggunakan basis pikap, seperti yang dikatakan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Jumat (6/9/2019).

Pabrik Esemka di Boyolali Diresmikan Jokowi Hari Ini, Lihat Video Penampakannya

"Saya pikir ini bagus ya, Esemka ini punya peluang karena harganya kompetitif. Selain itu, mobil ini kan juga multifungsi karena bisa dijadikan juga sebagai angkutan penumpang," jelas Budi.

"Peluang Esemka unguk angkutan kecil-kecil itu sangat dimungkinkan, termasuk juga untuk kendaraan transportasi online (pengangkut barang)," imbuhnya.

Sedangkan untuk spesifikasi lengkapnya, mobil keluaran pertama dari Esemka ini diberi nama Bima yang merupakan jenis mobil pikap.

Dikutip TribunWow.com dari TribunSolo.com pada Jumat (6/9/2019), Bima memiliki daya maksimum 63 kw dan torsi maksimum 105 Nm dengan ukuran ban 175/65 r14 LT.

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved