Terkini Internasional

Penyebab Harga Emas Dunia Turun Selama Tiga Hari Berturut-turut

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange terus mengalami penurunan hingga Jumat (30/8/2019) atau Sabtu pagi WIB.

Penyebab Harga Emas Dunia Turun Selama Tiga Hari Berturut-turut
NET/ Kompas.com
Emas 

TRIBUNWOW.COM - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange terus mengalami penurunan hingga Jumat (30/8/2019) atau Sabtu pagi WIB.

Penurunan meas di hari ketiganya itu dikarenakan dollar AS mempertahankan momentum penguatannya (bullish).

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember turun 7,50 dollar AS atau 0,49 persen, menjadi ditutup pada 1.529,40 dollar AS per ounce.

Indeks dollar AS, ukuran mata uang dollar AS terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, naik 0,44 persen menjadi 98,94 tak lama sebelum penutupan perdagangan emas.

Keunggulan Rebana, Kandidat Ibu Kota Baru Jawa Barat, Jadi Kawasan Segitiga Emas Ekonomi Jabar

Sebagai informasi saat greenback (sebutan untuk dollar AS) menguat, emas yang dihargakan dalam dollar AS biasanya akan turun karena menjadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

Meskipun pada hari perdagangan terakhir Agustus ini turun, namun harga emas dalam sebulan mengalami kenaikan lebih dari enam persen.

"Ketegangan perdagangan Amerika Serikat dan China, kekhawatiran atas pertumbuhan global, serta ketidakpastian proses Brexit menyebabkan kenaikan bulanan yang signifikan dalam emas berjangka," kata analis.

Sementara itu perak untuk pengiriman Desember naik 1,9 sen atau 0,1 persen menjadi ditutup pada 18,322 dollar AS per ounce.

Platinum untuk pengiriman Oktober naik 11,70 dolar atau 1,27 persen, menjadi menetap di 931,70 dollar AS per ounce.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Emas Dunia Turun dalam 3 Hari Berturut-turut, Ini Sebabnya".

WOW TODAY:

Ikuti kami di
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved