Otomotif

Beralih dari Penggunaan Premium ke Pertamax Bisa Jadi Solusi Kurangi Polusi Udara

Satu cara untuk mengurangi polusi udara khususnya di kota-kota besar yaitu dengan cara menghindari penggunaan BBM tak ramah lingkungan seperti Premium

Beralih dari Penggunaan Premium ke Pertamax Bisa Jadi Solusi Kurangi Polusi Udara
Kompas.com/Rima Wahyuningrum
SPBU Pertamina 31.114.01 Jalan S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat 

TRIBUNWOW.COM - Polusi udara sedang menjadi sebuah permasalahan yang harus segera ditangani, karena menyebabkan udara menjadi tidak sehat.

Banyaknya jumlah kendaraan yang berlalu lalang, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, bisa menjadi satu penyebab polusi udara.

Oleh karena itu, satu solusi yang tepat untu mengurangi polusi udara yaitu dengan beralih dari penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan, seperti Premium dan Pertalite menjadi Pertamax.

Hindari Membersihkan Karburator Motor dengan Bensin, Ini Dampak yang akan Ditimbulkan

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif KPBB (Komete Penghapusan Bensin Bertimbal) Ahmad Safrudin.

"Bahan bakar yang tidak ramah lingkungan akan memicu tingginya emisi dari kendaraan bermotor. Nah, bahan bakar yang tidak ramah lingkungan ini, antara lain Premium, Pertalite, Solar 48 (solar bersubsidi), dan Solar Dexlite," ujar Ahmad Safrudin, dikutip TribunWow.com dari Kompas.com.

Selain itu, Ahmad Safrudin juga menjelaskan penggunaan bahan bakar tersebut juga tidak sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan oleh mesin yang sudah menggunakan teknologi modern saat ini.

"Kualitas bahan bakar yang buruk menjadi penghambat penerapan teknologi canggih kendaraan bermotor yang rendah emisi," jelasnya.

Penyebab Aki Cepat Rusak, Hindari 5 Kebiasaan Ini agar Awet

Sementara itu dikutip dari GridOto.com, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disarankan untuk berkerja sama dengan kepolisian untuk menggelar razia emisi, baik pada motor maupun mobil.

Hal itu bertujuan untuk mengontrol baku mutu emisi dari motor dan dalam rangka menurunkan polusi udara di Ibu Kota.

"Kalau di Perda 2 tahun 2015 soal pencemaran udara, itu kan jelas disebutkan semua kendaraan bermotor di Jakarta wajib memenuhi mutu emisi," ujar Ahmad Safrudin.

"Esensi dari uji emisi itu adalah setiap kendaraan melakukan perawatan kendaraannya, tune up lah istilahnya. Agar kendaraan lebih baik dan emisinya lebih rendah," jelasnya.

(TribunWow.com)

WOW TODAY:

Ikuti kami di
Penulis: Elfan Fajar Nugroho
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved