Ibadah Haji

Viral Kabar Banjir di Mina Ternyata Hoaks, Jemaah Haji Dipastikan Baik-baik Saja

Beredar kabar viral di tanah air melalui pesan dan video bahwa saat ini kondisi di Mina tempat jemaah haji Mabit sedang banjir.

Viral Kabar Banjir di Mina Ternyata Hoaks, Jemaah Haji Dipastikan Baik-baik Saja
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi
Sebanyak 231 ribu jemaah haji Indonesia akan bergerak dari Arafah menuju Muzdalifah. Pergeseran jemaah haji sepanjang 7 KM ini dilakukan dengan armada bus. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Mekkah

TRIBUNWOW.COM, MEKKAH - Beredar kabar viral di tanah air melalui pesan dan video bahwa saat ini kondisi di Mina tempat jemaah haji Mabit sedang banjir.

Kabar tersebut dipastikan sebagai kabar bohong.

Pantauan langsung dari lapangan, cuaca di Mekkah dan Mina, Selasa (13/2019) sejak pagi hingga sore ini cerah dan tak seperti yang dijelaskan lewat teks atau video yang beredar luas di media-media sosial tanah air.

BREAKING NEWS: Bertambah, 3 Jamaah Haji Embarkasi Padang Wafat, 2 Berasal dari Bengkulu

Memang kemarin sempat terjadi hujan dan ada genangan air di Mina tetapi air tersebut sudah surut genangan hanya terjadi selama kurang lebih satu jam.

Setelahnya kondisi di Mina kembali normal jemaah haji hingga malam hari lancar melakulan lempar jumrah.

“ Banjir itu terjadi kemarin? Itu hanya terjadi kemarin sore dan Isua sudah selesai. Hari ini dari pagi sampai sore udara cerah dan cenderung kembali normal dan cuaca cukup panas,” kata Kadaker Mekkah, Subhan Cholid.

Dampak dari beredarnya berita tersebut banyak keluarga jemaah haji yang khawatir menanyakan kondisi keluarga mereka yang sedang berada di Mina.

Subhan Cholid memastikan kondisi jemaah haji Indonesia baik.

“Alhamdulillah jamaah baik-baik saja. Bahkan hari ini jemaah yang melakukan nafar awal sudah tiba di hotel dan menikmati perjalanan hajinya. Sebagian jamaah menyelesaikn nafar tsani di Mina,” kata Subhan.

“Yang ingin nafar tsani tetap di Mina. Nanti jumrah ula wusto aqabah. Keluarga di tanah air tenang. Tidak terjadi apa-apa. Jamaah menjalankan ibadah haji dengan baik. Layanan akomodasi, konsumsi, transportasi berjalan sesuai rencana,” ujar Subhan.

16 Jemaah Haji Meninggal Dunia dalam 3 Hari Periode Mina, Kebanyakan Para Lansia

Untuk itu Subhan meminta kepada semua keluarga jemaah haji yang ada di tanah air tenang dan tidak termakan dengan isu-isu tak bertanggung jawab yang bisa meresahkan.

“Adapun kemudian kita menerima berbagai gambar atau video kondisi Mina, itu sesungguhnya hanyalah genangan air saja. Karena petugas kita sudah langsung melakukan antisipasi dengan sigap berada di tenda jamaah. Koordinas dengan pengurus maktab. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Subhan. (*)

WOW TODAY

Ikuti kami di
Editor: Ananda Putri Octaviani
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved