Breaking News:

Idul Adha

Penyandang Disabilitas Kini Bisa Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Ini Kendala Sebelumnya

Penyandang disabilitas mengaku bersyukur dapat melangsungkan Salat Idul Adha 1440 H di dalam Masjid Istiqlal, Minggu (11/8/2019).

Warta Kota/Rangga Baskoro
Pengguna kursi roda untuk pertama kalinya salat di dalam komplek Masjid Istiqlal, Minggu (11/8/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Penyandang disabilitas mengaku bersyukur dapat melangsungkan Salat Idul Adha 1440 H di dalam Masjid Istiqlal, Minggu (11/8/2019).

Hal ini merupakan pertama kalinya, para penyandang disabilitas dapat beribadah di Salat Idul Adha di dalam Masjid Istiqlal.

Dikutip TribunWow.com dari WartaKotaLive.com, Minggu (11/8/2019), seorang pengguna kursi roda, Bahrul Fuad mengaku senang sekali.

"Ini pertama kali masuk istiqlal, bisa di atas karpetnya. Senang sekali ya. Biasanya hanya liat di televisi atau di luarnya saja," kata Bahrul.

Tak sendiri, Bahrul datang bersama 366 penyandang disabilitas lainnya seperti tuna daksa, rungu, wicara, netra, tuli dan pengguna kursi roda.

Ternyata hal ini merupakan usaha penyandang disabilitas yang terus berusaha melobi advokasi ke pihak Binmas Islam Kementerian Agama beserta pengelola Masjid Istiqlal.

Viral dan Trending 1 Twitter, Tak Izinkan Ayah Potong Sapi Idul Adha, Alasan Gadis Ini Buat Tertawa

"Ini adalah hasil puncak teman-teman yang mendapatkan haknya agar kami kami dan teman-teman disabilitas bisa beribadah di dalam masjid. Karena selama ini kami tidak diperbolehkan masuk ke dalam masjid," ujarnya.

Bahrul mengaku ada sejumlah masalah yang membuat penyandang disabilitas tak bisa melangsungkan salat di dalam masjid.

"Kendalanya yang pertama adalah terkait dengan fasilitas, misalkan tempat wudhu, juru bahasa isyarat, kemudian kalau teman tunanetra itu tidak ada yang membantu mengarahkan masuk ke dalam masjid. Seringkali mereka kesasar," ungkapnya.

Pengguna kursi roda untuk pertama kalinya salat di dalam komplek Masjid Istiqlal, Minggu (11/8/2019).
Pengguna kursi roda untuk pertama kalinya salat di dalam komplek Masjid Istiqlal, Minggu (11/8/2019). ((Warta Kota/Rangga Baskoro))

VIRAL Video Detik-detik Sapi Berlari Bubarkan Jemaah Salat Idul Adha, Satu Orang Ini Tetap Khusyuk

Selain itu, ada cara pandang yang mengatakan kursi roda najis karena dipakai di luar ruangan.

"Yang kedua, soal persepsi cara pandang dari pengurus masjid. Seringkali memang pengurus masjid karena alasannya kursinya membawa najis."

"Iya karena kursi rodanya dari luar, tidak boleh membawa ke dalam, karena dikhawatirkan membawa najis," paparnya.

Namun hal ini telah dibuktikan di Masjid Istiqlal bahwa ada tempat wudhu yang bisa mensucikan.

"Tapi kan kemudian Masjid Istiqlal sudah membuktikan ini enggak apa-apa, ini sebelum masuk ke karpetnya di bawah sudah ada tempat membersihkannya," pungkasnya.

(TribunWow.com)

WOW TODAY

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved