Terkini Nasional

Ingatkan BMKG soal Alat Pendeteksi Bencana, Jokowi: Jangan sampai Baru 2 Hari Dipasang Hilang

Jokowi meminta BMKG untuk terus memperbarui alat deteksi bencana yang terkini dan memberikan tulisan di alat tersebut

Ingatkan BMKG soal Alat Pendeteksi Bencana, Jokowi: Jangan sampai Baru 2 Hari Dipasang Hilang
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Presiden Joko Widodo melakukan sesi wawancara bersama Tribunnews.com di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi memaparkan mengenai visi pemerintahannya dalam 5 tahun ke depan kepada tim Tribunnews.com. 

TRIBUNWOW.COM -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau BMKG meminta bantuan aparat keamanan masing-masing daerah untuk menjaga keutuhan alat deteksi bencana alam.

"Jangan smpai baru dipasang dua hari, barangnya hilang, baru dipasang seminggu sudah enggak ada barangnya. Kejadian-kejadian seperti itu dititipkan sajalah kepada aparat keamanan setempat," tutur Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Jokowi pun meminta BMKG untuk terus memperbarui alat deteksi bencana yang terkini dan memberikan tulisan di alat tersebut bahwa barang tersebut sangat penting keberadaannya.

UPDATE BMKG soal Kabar Gempa dan Tsunami Setinggi 20 Meter Terjang Pantai Selatan Jawa

"Tulis aja yang gede-gede sangat penting untuk dijaga bareng-bareng. Ini adalah barang yang sangat penting untuk memantau kerawanan bencana, baik itu longsor, baik itu gempa bumi, sehingga semua ikut menjaga, rakyat ikut menjaga, aparat kita juga ikut menjaga," tuturnya.

Selain itu, edukasi menghadapi bencana alam secara masif juga harus disampaikan kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

Jokowi Targetkan Angka Pertumbuhan Ekonomi Capai 6-7 Persen di Periode Kedua: Ini Bukan Janji

"Sampaikan dan tindakan apa yang akan kita lakukan. Itu edukasi, memberikan pembelajaran kepada masyarakat, lama-lama kita akan terbiasa seperti di Jepang kalau ada gempa, sirine tidak bunyi tenang-tenang aja tapi begitu sirine bunyi, larinya ke mana, arahnya ke mana, sudah jelas semuanya," ujar Jokowi.

"Ini yang harus dikerjakan BNPB dan BMKG, sehingga menjadi jelas semuanya. Daerah dan pemerintah pusat kita kerjakan bersama-sama," papar Jokowi. (Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Imbau BMKG Minta Bantuan Aparat Keamanan Jaga Alat Deteksi Bencana Alam

WOW TODAY:

Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved