Agenda Presiden

Tinjau Daerah Wisata di Sulawesi Utara, Jokowi: Jangan Kalah dengan Bali

Presiden Joko Widodo diagendakan meninjau daerah wisata di Sulawesi Utara, ini yang akan dilakukan pemerintah untuk kemajuan wisata di Sulawesi Utara.

Tinjau Daerah Wisata di Sulawesi Utara, Jokowi: Jangan Kalah dengan Bali
Biro Pers Istana Kepresidenan
Jokwoi meninjau rencana perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado, Jumat (5/7/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan meninjau daerah wisata di Sulawesi Utara selama dua hari, sejak Kamis (6/7/2019).

Dikutip dari Setkab.go.id, Jumat (5/7/2019), setelah mengunjungi Minahasa Utara dan Likupang, Jokowi lantas meninjau di wilayah Bitung untuk menjelaskan bahwa pemerintah ingin mengembangkan potensi wisata khususnya di Sulawesi Utara.

“Pemerintah pusat memberikan dukungan, misalnya kayak jalan, jalannya sempit ya digedein, pantainya diperbaiki, bandaranya tadi kita lihat waduh terminalnya kurang gede," kata Jokowi, di Graha Bumi Beringin, Manado, Sulawesi Utara.

"Sekarang ini baru bisa nampung penumpang 2 juta nanti Agustus 2020 akan selesai terminalnya digedein menjadi 6 juta penumpang,” sambungnya.

Sulawesi Utara Dinobatkan sebagai The Rising Star, Jokowi Tinjau Infrastruktur Pariwisata

Dalam pemaparannya, Jokowi memutuskan untuk memperluas terminal di wilayah bandara Sam Ratulangi, memperpanjang runway supaya pesawat badan besar bisa turun di Manado, hingga meminta agar plasa untuk pantai juga diperbaiki.

Terkait itu, ia lantas meminta supaya Sulawesi Utara bisa menyaingi pesona wisata Pulau Bali.

“Ya memang seperti itu bekerja, orang datang ke sini kemudian melihat cantik indah bagus, ya akan kembali lagi. Jangan kalah dengan Bali suatu saat nanti,” jelas Jokowi.

"Kalau enggak, berat mengembangkan wisata di Sulawesi Utara, di Manado, di Bunaken, di Likupang, di mana lagi, yang pulau itu di mana, Pulau Lembeh, yang katanya cantik, saya belum ke sana, besok mau ke sana,” imbuhnya.

Deretan Sosok Milenial di Bursa Menteri Jokowi-Maruf Amin, Siapa Saja?

Namun demikian, Jokowi meminta supaya meski belum bisa menyaingi Bali, diharapkan Sulawesi Utara bisa meningkatkan daya tarik wisatawan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara dikutip dari keterangan pers Biro Pers Istana Kepresidenan, program perluasan Bandara Sam Ratulangi sebagai pendukung industri pariwisata Sulawesi Utara direncanakan akan menjadikan terminal bandara yang semula seluas 26.000 meter persegi menjadi 56.000 meter persegi. 

Perluasan itu diperkirakan bisa untuk melayani hingga 6 juta penumpang per tahun dari yang sebelumnya berada pada kisaran 2,5 juta orang per tahun.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun sekaligus membenahi kawasan-kawasan wisata yang ada di sekitarnya.

Hal inilah yang menjadi tujuan utama Jokowi yang di dampingi Ibu Negara Iriana beserta sejumlah jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara.

(TribunWow.com/Atri)

WOW TODAY

Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Rekarinta Vintoko
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved