Ramadan dan Idul Fitri

Rest Area Tol Jakarta-Cikampek akan Diberlakukan Buka Tutup

PT Jasa Marga akan melakukan rekayasa buka tutup rest area Tol Jakarta-Cikampek secara situasional agar terhindar dari kepadatan dan kemacetan.

Rest Area Tol Jakarta-Cikampek akan Diberlakukan Buka Tutup
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Kepadatan arus balik kendaraan mudik lebaran terlihat di Tol Cipularang-Palimanan menuju Jakarta, tahun lalu. 

TRIBUNWOW.COM - Penutupan tempat istirahat atau rest area di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akan dilakukan secara situasional dengan sistem buka tutup untuk menjaga kelancaran arus balik Lebaran 2019.

Sebelumnya, penutupan rest area tersebut rencananya dilakukan mulai pukul 12.00-24.00 WIB.

"PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan mempertimbangkan masukan dari para stakeholder terkait dan sesuai dengan diskresi kepolisian, tidak akan menutup rest area secara penuh. Namun, akan melakukan rekayasa buka tutup rest area secara situasional jika terjadi kepadatan di rest area," ungkap Corporate Communications Department Head Irra Susiyanti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/6/2019). 

Kendati demikian, Jasa Marga tetap mengimbau pengemudi untuk menggunakan rest area sebelum Tol Jakarta-Cikampek.

95.417 Kendaraan Balik ke Arah Jakarta pada Total 8 Titik Jalur Non-Tol

Pengendara juga diingatkan agar tidak terlalu lama menggunakan rest area sehingga dapat bergantian dengan pengendara lain dan menghindari penumpukan.

"Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujar Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri menuturkan, pihaknya akan menambah personel di titik-titik menuju rest area.

"Kami akan menambah petugas kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini," ungkap Refdi.

Jasa Marga Sebut Pengguna Tol Trans-Jawa Meningkat 226 Persen

Selain membantu pelaksanaan buka tutup rest area, polisi juga akan menindak pengendara yang berhenti sembarangan di bahu jalan menuju rest area.

Untuk pengguna jalan dari arah Timur (Semarang/Cirebon) yang menuju Jakarta dapat beristirahat serta mengisi penuh BBM kendaraan di sepanjang Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama, seperti di rest area Km 389B, Km 360B, Km 282B, Km 260B, Km 229B, Km 208B, Km 166B, dan Km 102B.

Sementara itu, untuk pengguna jalan dari arah Cileunyi/Bandung yang menggunakan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dapat menggunakan rest area Km 149B, Km 125B, Km 97B, Km 88B dan Km 72B sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penutupan Rest Area Tol Jakarta-Cikampek Dilakukan Secara Situasional

WOW TODAY:

Ikuti kami di
Editor: Mohamad Yoenus
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved