Olimpiade

Praktisi Olahraga Nilai Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Praktisi olahraga, Ryan Gozali menganggap Indonesia memiliki banyak kelebihan untuk mewujudkan keinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Praktisi Olahraga Nilai Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Twitter/ @jokowi
ILUSTRASI - Perwakilan Indonesia di Olimpiade Pemuda 2018. 

TRIBUNWOW.COM - Praktisi olahraga, Ryan Gozali menganggap Indonesia memiliki banyak kelebihan untuk mewujudkan keinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Menurut pemrakarsa Liga Mahasiswa yang mempertandingkan multi event untuk tingkat perguruan tinggi ini, syarat utama yaitu infrastruktur sudah bisa dipenuhi.

"Setidaknya kita sudah memiliki infrastruktur untuk pesta olahraga setingkat Asian Games," kata Ryan lagi.

Dapat Sanksi dari PSSI, Arema FC Ajukan Banding karena Aremania Dianggap Berhak Pertahankan Diri

Sekarang tinggal pada tahap kemauan dan kamampuan individu dan masyarakat kita.

Ryan yang juga berpengalaman mengurus venue pada penyelenggaraan Asian Games 2018 melihat harus ada yang diubah pada mind set pelaku olahraga, baik pada tingkat pelaksana, swasta dan terutama pada aparatur pemerintah.

"Jangan sampai pada 2030-an nanti masih berlaku prinsip kalau bisa repot mengapa harus mudah? Kalau bisa mahal mengapa harus murah? Harus lebih efisien di semua bdiang," ungkapnya.

Efisiensi ini yang menurutnya akan membuat sebuah panitia event olahraga menjadi memiliki kredibilitas tinggi di mata para donatur atau pemasang iklan.

Menurut Ryan pula, buat negara-negara berkembang di luar Eropa atau Amerika, menyelenggarakan event olahraga besar bisa menghasilkan efek berantai yang sangat menguntungkan.

"China sangat diuntungkan setelah berhasil menjadi penyelenggara Olimpiade 2008. Sebelum itu kan dia memang dikenal sebagai negara kuat di bidnag olahraga, tetapi belum kelihatan kemampuan mereka sebagai penyelenggara event dunia."

Ia melihat kesempatan Indonesia menjad penyelenggara Olimpiade cukup besar karena soal pemerataan sebagai negara di wilayah yang belum pernah mendapatkan kesempatan itu.

4 Pemain Persija Jakarta Dipanggil Timnas Indonesia, Ivan Kolev: Saat Ini Kami Tidak Pikirkan Itu

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Mohamad Yoenus
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved