Terkini Internasional

Donald Trump dan Moon Jae In Bakal Bertemu Bulan Depan, Ini yang akan Dibahas Keduanya

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan akan menjamu mitranya dari Korea Selatan, Moon Jae-in di Gedung Putih, bulan April mendatang.

Donald Trump dan Moon Jae In Bakal Bertemu Bulan Depan, Ini yang akan Dibahas Keduanya
Vox.com
Donald Trump Berpidato dalam Sidang Umum ke-73 PBB di New York 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan akan menjamu mitranya dari Korea Selatan, Moon Jae-in di Gedung Putih, bulan April mendatang.

Dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin negara diharapkan bakal membahas mengenai Korea Utara, pascapertemuan yang gagal antara Trump dengan Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, bulan lalu.

Menurut pernyataan Gedung Putih, Kamis (28/3/2019), Presiden Moon akan berkunjung bersama istrinya Kim Jung-sook ke Gedung Kepresidenan AS, pada 10-11 April mendatang.

Donald Trump Akui Kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan

"Pertemuan akan membahas tentang perkembangan berkaitan dengan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), selain juga persoalan bilateral lainnya," tulis pernyataan Gedung Putih, dikutip Fox News.

"Aliansi Amerika Serikat dan Republik Korea tetap menjadi kunci utama perdamaian dan keamanan di Semenanjung Korea dan di kawasan itu," lanjut pernyataan Gedung Putih, menggunakan nama resmi Korea Selatan.

Rencana kunjungan Moon ke Washington juga telah dikonfirmasi juru bicara Gedung Biru, yang menyebut tanggal 11 April dan rencana perjalanan yang akan berlangsung selama dua hari.

"Kedua pemimpin akan melakukan pembicaraan mendalam... untuk mengkoordinasikan sikap tentang perdamaian di Semenanjung Korea melalui denuklirisasi lengkap," ujar sekretaris senior kepresidenan Korsel, Yoon Do-han, Jumat (29/3/2019).

Presiden Moon telah lama mendukung keterlibatan Pyongyang dan berperan penting dalam menjadi penengah antara Trump dengan Kim Jong Un.

Venezuela Mati Lampu, Presiden Nicolas Maduro Sebut Ulah Donald Trump dan Minta Rakyat Berdoa

Namun pertemuan puncak kedua Trump dan Kim Jong Un di Hanoi yang tanpa kesepakatan telah membawa dampak terhadap masa depan proses perdamaian dan denuklirisasi.

Sementara di Seoul, upaya Moon yang terlalu aktif dalam hubungan AS dengan Korea Utara telah menuai kecaman dari pada politisi sayap kanan Korsel yang melihat Moon seperti juru bicara untuk Kim Jong Un.

Sedangkan di Washington, pertemuan di Hanoi yang tanpa kesepakatan justru mendapat pujian anggota Partai Republik, yang sempat khawatir Trump akan mengambil keputusan secara terburu-buru terhadap Korea Utara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bahas Korut, Trump dan Moon Akan Bertemu di Gedung Putih Bulan Depan

TONTON JUGA:

Ikuti kami di
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved