Trump dan Kim Jong Un Bakal Gelar Pertemuan ke-2, Negara di Asia Tenggara Berpeluang Jadi Tuan Rumah

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea Kim Jong Un sedang bersiap-siap menggelar pertemuan kedua.

Trump dan Kim Jong Un Bakal Gelar Pertemuan ke-2, Negara di Asia Tenggara Berpeluang Jadi Tuan Rumah
Capture video nytimes.com
Kim Jong Un dan Donald Trump 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea Kim Jong Un sedang bersiap-siap menggelar pertemuan kedua.

Dari rilis yang diterima TribunWow.com, dalam pidato di awal tahun 2019, Kim Jong Un yang merupakan Ketua Partai Pekerja dan Ketua Komisi Negara serta Panglima Angkatan Bersenjata Korea menyatakan dirinya siap bertemu dengan Donald Trump kapan saja.

Untuk menindaklanjuti hal itu, utusan khusus Kim Jong Un, Kim Yong Chol, juga telah bertemu Trump di Gedung Putih, hari Jumat (18/1/2019) lalu.

Usai menerima utusan khusus Kim Jong Un, Trump mengatakan, pertemuan dirinya dengan Kim Jong Un kemungkinan akan digelar akhir Februari.

Sementara lokasi pertemuan belum ditentukan.

Donald Trump Sebut Dirinya Dapat Surat Menakjubkan dari Kim Jong Un

Menurut Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Utara, Teguh Santosa, Asia Tenggara tampaknya akan kembali menjadi tuan rumah pertemuan Trump dan Kim.

Bagi Korea Utara, kawasan Asia Tenggara relatif lebih bersahabat dibandingkan kawasan lain.

Sementara Amerika Serikat memiliki kepentingan untuk lebih sering hadir di kawasan ini dalam rangka “menghadapi” Republik Rakyat China.

Sejauh ini, ada dua negara di Asia Tenggara yang kelihatannya memiliki peluang untuk menjadi tuan rumah. Keduanya adalah Indonesia dan Vietnam.

“Vietnam lebih berpeluang karena Vietnam dan Korea Utara memiliki garis ideologi yang sama,” ujar Teguh kepada media.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Astini Mega Sari
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved