Terkini Ibu Kota

Mulai Hari Ini Metode Ganjil-Genap Kembali Berlanjut, Catat Rute dan Waktunya Berikut Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menetapkan pembatasan mobil pribadi dengan metode ganjil-genap kembali berlanjut di 2019.

Mulai Hari Ini Metode Ganjil-Genap Kembali Berlanjut, Catat Rute dan Waktunya Berikut Ini
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pengendara sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (2/7/2018). Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) atas rekomendasi Dinas Perhubuan DKI Jakarta sedang mempelajari kajian mengenai pembatasan kendaraan roda dua atau sepeda motor dengan sistem ganjil-genap di Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat. 

TRIBUNWOW.COM - Setelah mendapat banyak masukan, akhirnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menetapkan pembatasan mobil pribadi dengan metode ganjil-genap kembali berlanjut di 2019.

Perpanjangan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur ( Pergub) Nomor 155 Tahun 2018 mengenai Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Mengutip dari ntmcpolri.info, Selasa (1/1/2019), Anies mengatakan, tidak ada perubahan mengenai skema waktu dan juga rute yang terdampak ganjil-genap.

Sementara untuk efektivitas pemberlakuannya dimulai Rabu (2/1/2019).

Hari Pertama Masuk Kerja di Tahun 2019, Mahfud MD Sampaikan Pesan Ini

"Sama semuanya, jadi sama seperti yang ada sekarang. Tidak ada perubahan aturan dari sisi rute-rutenya maupun dan dari sisi waktunya,” kata Anies.

Artinya, ganjil-genap tetap berlaku dari Senin hingga Jumat mulai pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB untuk pagi hari, dan pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB untuk sore hari.

Sementara Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional tidak berlaku.

Sedangkan untuk kawasan yang terdampak tetap pada sembilan ruas jalan.

Mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto, sebagian Jalan Jenderal S Parman dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai Simpang KS Tubun, Jalan MT Haryono, HR Rasuna Said, DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani.

Update Korban Longsor Sukabumi, 16 Orang Meninggal, 19 Orang Belum Ditemukan

Mobil yang melanggar peraturan pembatasan kendaraan berdasarkan nomor pelat ganji dan genap mulai dialihkan di Simpang Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018).
Mobil yang melanggar peraturan pembatasan kendaraan berdasarkan nomor pelat ganji dan genap mulai dialihkan di Simpang Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018). (Kompas.com/Stanly Ravel)

 

Selain itu, Anies juga memerintahkan jajarannya memasang rambu permanen untuk mensosialisasikan ganjil-genap.

Hal ini dikarenakan masih banyak warga yang tidak mengetahui wilayah atau daerah-daerah yang terdampak aturan pembatasan mobil pribadi tersebut.

“Mengapa rambu-rambu dipasang? Karena di lapangan sering kali petugas kita berhadapan dengan pengendara yang berdebat. Sekarang kita berikan kepastian dengan rambu-rambu itu,” ucap Anies. (Kompas.com/Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Resmi, Mulai Hari Ini Ganjil-Genap Berlanjut

Ikuti kami di
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved