Terkini Daerah

Longsor Landa Cisolok Kabupaten Sukabumi Jelang Malam Tahun Baru, Data Sementara 4 Meninggal

Kali ini, bencana longsor melanda Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada Senin, (31/12/2018) pukul 17.00 WIB.

TribunWow.com/Istimewa
Longsor yang terjadi di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada Senin (31/12/2018) pukul 17.00 WIB. 

TRIBUNWOW.COM - Bencana alam kembali terjadi di Indonesia menjelang tahun baru 2019.

Kali ini, bencana longsor melanda Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada Senin, (31/12/2018) pukul 17.00 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam press release yang diterima TribunWow.com, Selasa (1/1/2019) mengatakan bahwa data sementara diperkirakan 8 jiwa tertimbun longsor.

Di antara delapan orang yang tertimbun itu dipastikan empat orang meninggal dunia.

Longsoran Erupsi Anak Gunung Krakatau Seluas Lapangan Bola, Diduga Jadi Penyebab Tsunami

Sedangkan, empat korban lainnya akan di evakuasi keesokan harinya karena kendala cuaca, kendala akses menuju tempat kejadian hingga kendala gelapnya malam.

Longsor itu disebabkan oleh hujan yang mengguyur Desa Sinaresmi membuat jenuhnya areal hutan dan persawahan.

Kemudian, jenuhnya air itu menyebabkan longsor di perbukitan serta membuat material di atasnya meluncur menuruni lereng hingga mengenai kurang lebih 34 rumah di bawahnya.

Selain mengakibatkan meninggalnya sejumlah korban, kejadian ini mengakibatkan listrik sekitar padam serta sulitnya jaringan komunikasi seluler.

Video Detik-Detik Longsor di Lereng Perbukitan Wonosobo, 3 Rumah ikut Terdampak

Menurut keterangan Sutopo, BPBD Kabupaten Sukabumi beserta jajaran TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan serta masyarakat akan segera melakukan evakuasi kembali untuk pencarian dan penyealamatan korban.

Sedangkan, pendataan jumlah korban serta rumah yang rusak akibat longsor hingga saat ini masih dilakukan.

Sutopo menjelaskan, Posko BNPB terus memantau penanganan bencana bersama dengan BPBD Kabupaten Sukabumi serta Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, dilansir dari TribunJabar.id, Selasa (31/12/2018) Kepala Humas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan data sementara jumlah rumah yang tertimbun longsor sebanyak 34 kepala keluarga dengan 107 jiwa.

Pakar Vulkanologi Mbah Rono Menganalisis Tsunami di Banten: Kemungkinan Tubuh Ibu Krakatau Longsor

Saat ini pihaknya masih terus melakukan pencarian, satu di antaranya dengan menggunakan kesaksian warga yang mendengar erangan korban.

"Tim SAR gabungan sedang mengecek dan masih mencari korban dengan menindaklanjuti kesaksian warga yang mendengar erangan (korban)," jelas Joshua Banjarnahor.

(TribunWow.com/Mariah Gipty)

Ikuti kami di
Penulis: Mariah Gipty
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved