Natal dan Tahun Baru

Candi Borobudur akan Dijaga Ketat selama Libur Natal dan Tahun Baru 2019

Taman Wisata Candi Borobudur menjadi salah satu prioritas pengamanan Polres Magelang, Jawa Tengah, selama operasi pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru

KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN
Candi Borobudur. 

TRIBUNWOW.COM - Taman Wisata Candi Borobudur menjadi salah satu prioritas pengamanan Polres Magelang, Jawa Tengah, selama operasi pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. 

Sebanyak 41 personel akan disiagakan di lokasi ini selama operasi.

Kepala Polres Magelang, AKBP Yudianti Adi Nugroho menjelaskan, Candi Borobudur merupakan destinasi wisata utama di Magelang yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara.

Oleh karena itu, perlu pengamanan yang lebih dibanding destinasi lainnya.

"Candi Borobudur ini jadi prioritas pengamanan karena banyak dikunjungi wisatawan, dari luar daerah dan mancanegara, juga merupakan destinasi nasional yang diawasi langsung oleh pusat," ujar Yudi, usai gelar pasukan pengamanan di Taman Lumbini Candi Borobudur Magelang, Jumat (21/12/2018).

Yudhi menerangkan, pengamanan di kawasan cagar budaya dunia ini akan dilengkapi alat pendeteksi logam (metal detector) yang wajib dilewati wisatawan yang masuk, termasuk pemeriksaan tas bawaan mereka oleh petugas.

Pos pengamanan (pospam) khusus juga didirikan di kawasan tersebut untuk mempermudah petugas melakukan pengamanan dan mengatur lalu lintas yang dipastikan akan ramai selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Pihaknya ingin memastikan masyarakat, khususnya wisatawan, merasa aman dan nyaman berlibur.

Yudi mengatakan, sebanyak 442 personil gabungan diterjunkan selama operasi Natal dan Tahun Baru 12 hari ke depan.

Potensi Kerawanan

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved