Kabar Tokoh

Peringati Hari Buruh Migran Sedunia, Jokowi Tekankan Masalah Perlindungan WNI

Jokowi mengucapkan selamat Hari Buruh Migran Sedunia, Pemerintah telah menerbitkan Permenaker 18/2018 tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia

Peringati Hari Buruh Migran Sedunia, Jokowi Tekankan Masalah Perlindungan WNI
Twitter/@KSPgoid
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bersilaturahmi dengan para santri dan pengurus Pondok Pesantren Bugen Al-Itqon, Semarang, Senin (22/10/2018). 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat untuk Hari Buruh Migran Sedunia.

Ucapan tersebut diungkapkan oleh Jokowi dalam akun Instagram, @jokowi, pada Selasa (18/12/2018).

Dalam unggahannya itu, Jokowi mengenang pertemuannya dengan Chief Executive Leung Chun-Ying saat berkunjung ke Hong Kong pada tahun lalu.

Beda Pendapat dengan Wiranto soal Perusakan Atribut, SBY: Pengungkapan Jujur Selamatkan Jokowi

Dirinya senang bahwa pemerintah Hong Kong meningkatkan perhatian dan perlindungan kepada Buruh Migran Indonesia (BMI).

Tak hanya dengan pemerintah Hong Kong, Jokowi juga membahas terkait perlindungan WNI serta BMI dengan pejabat dari Malaysia.

Mengingat banyak BMI yang berada di Negeri Jiran tersebut.

"Lebih setahun yang lalu, dalam kunjungan ke Hong Kong, saya bertemu dengan Chief Executive Hong Kong Leung Chun-Ying dengan agenda utama soal perlindungan tenaga buruh migran Indonesia. Di Hong Kong, terdapat ratusan ribu pekerja Indonesia.

Saya senang bahwa Leung Chun-Ying memberikan komitmen pemerintah Hong Kong untuk meningkatkan perhatian dan perlindungan terhadap BMI. 'Indonesian workers are part of our community,' katanya.

Begitu juga saat menerima bertemu pejabat tinggi Malaysia, saya senantiasa menekankan bahwa masalah perlindungan WNI terutama para buruh migran Indonesia di Malaysia, merupakan prioritas bagi pemerintah Indonesia.

Di dalam negeri, pemerintah telah menerbitkan Permenaker 18/2018 tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia untuk kian memastikan terselenggaranya perlindungan pekerja migran sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017.

Kita juga mendukung berbagai inisiatif lokal perlindungan pekerja migran seperti DESBUMI (Desa Buruh Migran) dan DESMIGRATIF (Desa Migran Produktif), mengingat dari desa lah sebagian besar mereka berasal," tulis Jokowi.

Telusuri Kasus Perusakan Atribut Demokrat, TKN Jokowi: Kami Duga Itu Simpatisan Partai Pendukung 02

(TribunWow.com/RinjaniAlam)

Ikuti kami di
Penulis: Rinjani Alam Pratiwi
Editor: Claudia Noventa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved