Pesawat Lion Air Jatuh

Selain Bagian Kotak Hitam, Tim SAR juga Temukan Banyak Jasad dan Puing-puing Pesawat

Satuan Tugas SAR dan TNI AL berhasil menemukan bagian black box dan juga banyak jenazah dan puing-puing pesawat Lion Air JT-610.

Selain Bagian Kotak Hitam, Tim SAR juga Temukan Banyak Jasad dan Puing-puing Pesawat
(Tribunnews/Jeprima)
Petugas saat menurunkan 2 kantong jenazah pesawat Lion Air JT 610 di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (30/10/2018) Hingga Selasa (30/10) evakuasi terhadap 26 kantong jenazah yang berhasil ditemukan oleh tim gabungan Basarnas di perairan Karawang. 

TRIBUNWOW.COM - Satuan Tugas (Satgas) SAR dan tim penyelam TNI Angkatan Laut (AL) telah berhasil menemukan black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT-610, Kamis (1/11/2018).

Selain menemukan kotak hitam tim satgas juga menemukan banyak puning-puing pesawat dan juga jasad korban.

Komandan Satuan Tugas SAR Kolonel Isswarto, mengungkapkan bahwa tim berhasil menemukan banyak jasad dengan kondisi yang beramacam-macam.

"Banyak juga jenazah yang ditemukan. Ada yang masih melekat di puing-puing pesawat, ada juga yang menempel di kursi penumpang. Kami terus lakukan evakuasi," kata Isswarto, dilansir TribunWow.com dari kompas.com.

Cerita Mendagri soal Putranya yang Ikut Andil Datangkan Boeing 737 Max 8 dari Amerika ke Indonesia

Ia mengaku saat ini timnya sedang berusaha mengangkat puing pesawat tersebut.

Usaha itu segera dilakukan agar puing pesawat tidak semakin dalam dan tertimbun lumpur di dasar permukaan.

"Sekarang masih dilakukan penyelaman dan dasarnya itu lumpur. Jadi kami sedikit mengalami kesulitan. Kalau tidak segera diangkat, semakin lama akan tertimbun," kata Isswarto.

Petugas gabungan membawa kantong berisi puing pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang di Posko Evakuasi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/10/2018). Memasuki hari ke-3 pencarian, petugas gabungan terus melakukan pencarian puing pesawat Lion Air JT 610 dan korban.
Petugas gabungan membawa kantong berisi puing pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang di Posko Evakuasi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/10/2018). Memasuki hari ke-3 pencarian, petugas gabungan terus melakukan pencarian puing pesawat Lion Air JT 610 dan korban. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Inilah Arjuna Cakra, Anak Mendagri Tjahjo Kumolo yang Berprofesi sebagai Pilot Lion Air

Selain itu kotak hitam dari Pesawat Lion Air PK-LQP yang sudah ditemukan akan segera diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Bentuknya agak bundar ini akan kami serahkan kepada KNKT," ujar Kabasarnas, Marsekal Madya Muhammad Syaugi dilansir dari Tribunnews.com.

Meski begitu, ia menambahkan bahwa kotak hitam tersebut ditemukan dalam keadaan tidak utuh, ia meyakini bagian lainnya masih berada sekitar lokasi penemuan.

"Belum lengkap. Karena black box itu putus," jelas Marsekal Madya Muhammad Syaugi.

"Apakah itu cockpit voice recorder, atau flight data recorder, KNKT yang akan menerangkan," tambahnya.

Sampaikan Duka untuk Keluarga Korban Lion Air JT-610, Mendagri: Anak Saya Juga Pilot Lion Air

Pencarian kotak hitam pada hari ini dilakukan oleh 850 orang dari tim gabungan dan dimulai sejak pukul 05.00 WIB.

Sebanyak 44 kapal juga diterjunkan guna mempermudah pencarian kotak hitam tersebut.

Setelah sekitar lima jam dilakukan pencarian akhirnya salah satu anggota Batalyon Intai Amfibi (Taifib), Sertu Marinir Hendra Saputra yang melakukan penyelaman berhasil menemukan bagian kotak hitam, tepatnya pada pukul 10.50 WIB. (*)

Ikuti kami di
Penulis: muhammad syaifudin bachtiar
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved