Kabar Tokoh

Gunakan Analogi 'Game of Thrones', Jokowi Diberitakan Media Asing: Ini Sesuatu yang Baru

Pidato Jokowi di IMF-WB 2018 yang menganalogikan kondisi ekonomi global dengan serial 'Game of Thrones' pun menjadi pemberitaan media asing.

Gunakan Analogi 'Game of Thrones', Jokowi Diberitakan Media Asing: Ini Sesuatu yang Baru
Capture Mashable.com
Pidato Jokowi di IMF-WB 2018 yang menganalogikan kondisi ekonomi global dengan serial 'Game of Thrones' pun menjadi pemberitaan media asing. 

TRIBUNWOW.COM - Pidato Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang menganalogikan kondisi ekonomi global dengan serial 'Game of Thrones' pun menjadi sorotan dunia hingga diberitakan oleh situs luar negeri Mashable pada Jumat (12/10/2018).

Mashable memberinya judul "Indonesian president quotes 'Game of Thrones' in speech on world economy" yang diterjemahkan menjadi "Presiden Indonesia mengutip 'Game of Thrones' dalam pidato tentang ekonomi global".

Berita tersebut dibuka dengan motto House Stark yang dikutip Jokowi, yakni "winter is coming".

Motto tersebut mengandung makna supaya seluruh anggota House Stark selalu waspada dan jangan pernah untuk merasa terlalu nyaman dalam suatu keadaan.

Hal ini dikarenakan banyak bahaya yang selalu mengintai.

Heboh Soal Game of Thrones, Kaesang Pangarep: Nama Belakangku itu Pangarep, Targaryen Atau Snow?

Portal berita digital yang didirikan di Skotlandia ini juga tak menyangka bahwa di antara penggemar serial televisi HBO 'Game of Thrones' adalah Presiden Indonesia Jokowi.

"Siapa yang menyangka di antara penggemar (Game of Thrones) ada Presiden Indonesia Joko Widodo?", tulisnya.

Dalam Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) yang digelar di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10/2018), Jokowi disebut mereferensikan motto "winter is coming" khas angota House Stark dengan risiko menghadapi kondisi ekonomi global.

Jokowi juga menyebut konsekuensi yang mungkin terjadi akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Presiden RI ketujuh mengkhawatirkan bahwa perang dagang tersebut akan merusak rantai pasokan global dan membahayakan perdagangan internasional.

"Kita sering mendengar 'Game of Thrones' yang dijadikan metafora untuk perubahan iklim, tetapi (menganalogikan dengan kondisi ekonomi global) adalah sesuatu yang baru," tulisnya.

Ini Sosok Pemilik Jubah Game of Thrones yang Dikenakan Jokowi di Meme HBO Asia

Selain media asing Mashable, akun Twitter HBO Asia di @HBOAsia pun juga sempat menyorot pidato yang menuai respon positif dari para delegasi IMF-WB.

HBO Asia mengunggah meme ikonik tokoh pemimpin House Stark, Ned Stark 'Winter is Coming' yang diganti dengan wajah Jokowi.

"Yeah, kami juga tak sabar menanti season 8, Pak Presiden. #GameOfThrones," tulis akun @HBOAsia, pada Jumat (12/10/2018).

(TribunWow.com/Ifa Nabila)

Ikuti kami di
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved