Breaking News:

Gejolak Rupiah

Para 'Crazy Rich Surabayan' Tukar Dolar Mereka ke Rupiah demi Negara

Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) di Surabaya menukarkan dolar Amerika Serikat hasil ekspor mereka ke rupiah.

Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Lailatun Niqmah
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi - Penukaran uang dolar ke rupiah. 

TRIBUNWOW.COM – Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) di Surabaya menukarkan dolar Amerika Serikat hasil ekspor mereka ke rupiah.

Dilansir TribunWow.com dari Kontan.co.id, Kamis (20/9/2018) aksi penukaran dolar ke rupah oleh para pengusaha Surabaya bertujuan untuk membantu menguatkan nilai tukar rupiah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim Difi Ahmad Johansah mengatakan penukaran dolar ke rupiah yang dilakukan oleh para pengusaha Jawa Timur adalah inisiatif dari para pengusaha untuk menstabilkan rupiah terhadap dolar Amerika.

Sambil Tunjukan Segepok Uang, Sandiaga Uno Ajak Para Konglomerat Tukar Dolar ke Rupiah

Difi mengatakan para pebisnis yang menukarkan dolar mereka adalah pebisnis furnitur, eksportir ikan, pebisnis tekstil, sepatu, hingga asosiasi pebisnis hotel dan lapangan golf.

Mereka adalah pihak-pihak yang diuntungkan ketika nilai tukar rupiah melemah karena mereka adalah eksportir di dengan bayaran dolar.

"Selama ini, penghasilan mereka dolar, sekarang ini mereka ikut himbauan bank sentral agar menukarkan dolarnya ke rupiah," ujar Difi.

Dapat Kejutan Dilamar Kekasih di dalam Pesawat, Pramugari Ini Harus Terima Dipecat Pihak Maskapai

Penukaran dolar secara simbolis oleh para Crazy Rich Surabayan ini dihadiri oleh Gubernur Jatim Soekarwo, Kepala Staf Presiden Moeldoko serta BI Jatim di Hotel Majapahit, Surabaya pada hari Kamis (20/9/2018).

Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh Difi, total dolar yang ditukarkan para pebisnis ini sebesar 67 juta dolar Amerika Serikat.

Dilansir Kompas.com, Kamis (10/9/2018), Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengapresiasi gerakan para pengusaha yang menukarkan dolarnya ke rupiah.

Akhir Tahun 2018, Analis Prediksi Rupiah Kembali ke Rp 14.600 per Dolar AS

Moeldoko mengatakan, para pebisnis Jawa Timur telah memelopori gerakan pertama penukaran dolar ke rupiah tanpa diminta, dan itu adalah gerakan yang luar biasa.

"Ini merupakan gerakan yang inspiratif, Jatim telah memelopori sebuah gerakan positif pertama, saya mewakili pemerintah apresiasi kepada teman-teman Forkas," kata Moeldoko.

Moeldoko juga menambahkan menguatnya nilai dolar terhadap rupiah karena didorong situasi global, oleh karena itu Moeldoko meminta masyarakat tidak langsung menyalahkan pemerintah.

"Jangan seolah-olah hanya pemerintah yang salah. Tidak begitu. Tapi karena situasi global," kata Moeldoko. (TribunWow.com/Gigih Prayitno)

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved