Hiperinflasi, Warga Venezuela Eksodus ke Ekuador

Kementerian mengungkapkan, pada pekan ini Ekuador menerima 4.200 migran dari Venezuela yang datang setiap hari.

jp.wsj.com
Warga Venezuela 

TRIBUNWOW.COM - Pemerintah Ekuador mengumumkan keadaan darurat di tiga provinsi karena volume migran dari Venezuela sangat tinggi, Rabu (9/8/2018).

Dilansir TribunWow.com dari Reuters, Kementerian Ekuador mengungkapkan, pada pekan ini pihaknya menerima 4.200 migran dari Venezuela yang datang setiap hari.

Venezuela, negara yang sempat kaya karena produksi minyak yang berlimpah kini tengah bergelut dengan krisis pada 5 tahun terakhir.

Hiperinflasi yang terjadi di Venezuela telah memicu eksodus warga yang biasa bepergian lewat jalur darat melalui Kolumbia.

Para migran melintasi Kolumbia dan menuju negara-negara selatan seperti Ekuador, Peru dan Cile.

Budiman Sudjatmiko dan PSI Ungkit Janji Politisi Demokrat Andi Arief pada Mereka

"Pemerintah Ekuador telah mengumumkan keadaan darurat yang berkaitan dengan migrasi di Provinsi Carchi, Pichincha dan El Oro untuk memberikan perhatian mendesak kepada para migran Venezuela di perbatasan utara," ungkap Kementerian Luar Negeri Ekuador seperti yang dikutip Reuters.com.

Keadaan darurat akan berlangsung selama bulan Agustus, dimana hal ini dimaksudkan Ekuador guna mempercepat penyebaran dokter, pekerja sosial dan polisi untuk memenuhi kebutuhan para migran serta memberikan dukungan untuk proses imigrasi.

Sebelumnya, dilansir dari Forbes, Selasa (31/7/2018), Kepala Departemen Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan inflasi Venezuela mencapai 1.000.000 persen pada tahun 2018.

Ramalan inflasi ini mengakibatkan bahwa nilai tukar mata uang Venezuela bisa mencapai 923 juta VEF per US Dolar pada Desember 2018. (TribunWow.com/Qurrota Ayun)

Reaksi Politikus PDIP saat Waketum Gerindra Sebut Pihak yang Dilawan Koalisi Prabowo adalah Bandit

Ikuti kami di
Penulis: Qurrota Ayun
Editor: Astini Mega Sari
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved