Belum Ada Aturan Kampanye Di Media Sosial Saat Masa Tenang, Begini Tanggapan KPU

Hingga saat ini tidak ada peraturan, mekanisme dan kapasitas untuk menghentikan aktivitas para buzzer selama masa tenang menjelang Pilkada serentak.

Belum Ada Aturan Kampanye Di Media Sosial Saat Masa Tenang, Begini Tanggapan KPU
Tribunnews.com
Pilkada Cagub DKI 2017 

TRIBUNWOW.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Juri Ardiantoro mengaku kesulitan menindak buzzer kampanye di media sosial kala masa tenang jelang pemilu.

Tidak jarang, para buzzer melakukan penggiringan opini publik dalam media sosial menjelang Pilkada.

Saat ini tidak ada peraturan, mekanisme dan kapasitas untuk menghentikan aktivitas para buzzer selama masa tenang menjelang Pilkada serentak 15 Februari 2017 mendatang.

"Kampanye di media sosial memang sangat berpengaruh. Apalagi dalam menyebar fitnah dan hoax. Tapi selama ini memang tidak ada mekanisme untuk menghentikan itu," ujar Juri Ardiantoro, Ketua KPU, saat ditemui Tribunnews.com di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017).

Hal senada juga disampaikan oleh Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nelson Simanjuntak, mengatakan, buzzer bisa menjadi alat kampanye atau menjatuhkan pasangan calon tertentu.

Memang banyak sekali yang belum diatur dan sulit untuk mengatur mereka di media sosial. Ranah ini tidak bisa disentuh," jelasnya saat ditemui Tribunnews.com di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Sementara itu, Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno meminta kepada seluruh tim pasangan calon untuk dapat menutup akun resminya di media sosial sebelum masa tenang.

"Saya juga meminta sebelum masa tenang, akun resmi pasangan calon sudah ditutup dan tidak perlu lagi untuk memberikan hal-hal yang bersifat kampanye," kata dia di Kantor KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017). (*)

(TribunWow.com / Fachri Sakti Nugroho)

Ikuti kami di
Penulis: Fachri Sakti Nugroho
Editor: Maya Nirmala Tyas Lalita
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved