Cepat Beli Rumah, Ini Alasan yang Tepat Mengapa Sekarang adalah Waktu yang Terbaik

Pasalnya, pemerintah telah menelurkan sejumlah kebijakan yang memperluas akses masyarakat untuk membeli rumah, termasuk dengan skema KPR.

Cepat Beli Rumah, Ini Alasan yang Tepat Mengapa Sekarang adalah Waktu yang Terbaik
Wentao Li via Kompas.com
Ilustrasi rumah 

TRIBUNWOW.COM - Saat ini dianggap sebagai saat yang terbaik untuk membeli rumah.

Pasalnya, pemerintah telah menelurkan sejumlah kebijakan yang memperluas akses masyarakat untuk membeli rumah, termasuk dengan skema kredit pemilikan rumah (KPR).

Beberapa kebijakan tersebut adalah pendirian PT Sarana Multi Infrastruktur, pendirian PT Sarana Multigriya Finansial, pemberlakuan BI 7 Days Repo Rate, dan penyempurnaan ketentuan Loan to Value untuk kredit properti melalui berbagai peraturan Bank Indonesia (BI).

Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan menyatakan, berbagai kebijakan pemerintah tersebut menunjukkan sesungguhnya saat ini adalah kondisi termudah untuk membeli rumah.

Selama ini kendala nomor 1 untuk membeli rumah adalah uang muka alias down payment ( DP).

Lenovo Z6 Pro Dikabarkan Rilis 23 April Mendatang, Dilengkapi 5G hingga Kamera 100 Megapixel

Dengan adanya kebijakan pemerintah tersebut, DP sekarang menjadi lebih fleksibel sehingga kendala DP seharusnya teratasi.

“Memang ada peningkatan dari sisi suku bunga. Namun berdasarkan data, tingkat suku bunga saat ini tidak lebih tinggi dari tahun 2015. Oleh karena itu, sekarang adalah saat paling mudah untuk membeli rumah," ujar Ike dalam pernyataannya, Rabu (17/4/2019).

Kondisi ini juga sesuai dengan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2019, di mana konsumen properti masih optimistis dengan iklim pasar properti nasional.

Ilustrasi rumah
Ilustrasi rumah (Kementerian PUPR)

Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 65 persen responden mengaku puas dengan kondisi pasar properti Indonesia.

Kepuasan terhadap iklim properti ini mayoritas didasarkan pada faktor kenaikan harga properti yang stabil serta apresiasi terhadap kenaikan harga properti jangka panjang.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved