Terkini Internasional

Pasang Tarif Rp 600 untuk Kantong Kertas ke Pelanggan, Toko Sepatu di India Dapat Denda Rp 1,8 Juta

Sebuah toko sepatu ternama di India harus membayar denda setelah mengenakan biaya 3 rupee (Rp 600) untuk sebuah kantong kertas.

Pasang Tarif Rp 600 untuk Kantong Kertas ke Pelanggan, Toko Sepatu di India Dapat Denda Rp 1,8 Juta
SCMP via Kompas.com
Ilustrasi toko sepatu. 

TRIBUNWOW.COM - Sebuah toko sepatu ternama di India harus membayar hingga 9000 rupee (sekitar Rp 1,8 juta) setelah mengenakan biaya 3 rupee (Rp 600) untuk sebuah kantong kertas.

Toko sepatu Bata India Ltd dituding telah bertindak kurang dalam layanannya setelah meminta pelanggan membayar sebesar 3 rupee (Rp 600) untuk kantong kertas yang dipakai membawa sepatu yang dibeli.

Tindakan toko sepatu itu menuai keluhan dari salah seorang pembeli, Dinesh Prasad Raturi, dari Chandigarh, yang kemudian mengaku kepada forum konsumen.

Siswi SMA Tewas seusai Dikeroyok dan Dibakar 4 Temannya, 3 Guru dan Kepala Sekolah Ikut Ditahan

Dilansir India Today, Raturi membeli sepasang sepatu pada 5 Februari lalu di sebuah cabang toko Bata yang ada di Sektor 22D, di kota Chandigarh, India utara.

Raturi membayar harga 402 rupee (Rp 81.000) yang termasuk biaya sebuah kantong kertas untuk membawa sepatu yang dibelinya.

Dia pun mengadu kepada forum konsumen bahwa pihak toko telah memaksa pembeli untuk membayar kantong kertas tersebut yang juga memuat logo merek toko, tindakan yang seharusnya tidak dibenarkan.

Dengan mengadukan kasus ini kepada forum konsumen, Raturi menuntut kepada toko tersebut agar mengembalikan uang untuk membayar kantong itu sebesar 3 rupee, ditambah dengan kompensasi atas kurangnya pelayanan.

Bocah 4 Tahun Tembak Kepalanya Sendiri Pakai Pistol, Keluarga Sebut Bukan Pertama Kali Terjadi

Pihak toko Bata India membantah tuduhan pihaknya telah kurang dalam pelayanan.

Namun forum konsumen itu mengatakan, memaksa pelanggan untuk membayar kantong kertas, yang seharusnya menjadi kewajiban toko, adalah betuk kekurangan layanan.

Forum konsumen itu juga mengarahkan Bata India untuk menyediakan kantong kertas gratus kepada para pelanggannya.

Stratolaunch Luncurkan Pesawat Terbang Terbesar di Dunia

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved